Sabtu, 25 Oktober 2014

Makan sayuran hijau membuat orang optimis

| 2.386 Views
id sayuran hijau, sayur dan buah, tingkat stress, pemicu rasa optimis, antioksidan, betakaroten
Makan sayuran hijau membuat orang optimis
Sayuran hijau dan buah (FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)
kadar karotenoid, seperti beta-karoten, yang tinggi
Jakarta (ANTARA News) - Penelitian terbaru menyatakan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi sayur dan buah, cenderung lebih optimis dalam menghadapi masa depan.

Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang optimis memiliki kadar karotenoid tinggi di dalam darah, sebagaimana dilaporkan oleh DailyMail.

Sebagian besar orang mengetahui bahwa karotenoid adalah bagian dari beta-karoten, zat warna yang banyak dimiliki oleh buah jeruk, sayuran, terutama sayuran hijau.

Beta-karoten adalah sejenis antioksidan, yang dapat membantu molekul di dalam tubuh untuk tidak memproduksi radikal bebas yang memicu kerusakan sel penyebab penyakit.

"Individu yang memiliki optimisme tinggi, cenderung memiliki kadar karotenoid, seperti beta-karoten, yang tinggi dalam tubuh mereka," ujar salah satu ilmuwan dari Harvard School of Public Health, Julia Boehm.

Tahun lalu, para ilmuwan dari Warwick University menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi tujuh porsi sayur dan buah dalam sehari, adalah orang yang paling bahagia, dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi sayur dan buah kurang dari porsi tersebut.

Meskipun belum diketahui secara jelas bagaimana sayur dan buah dapat meningkatkan optimisme seseorang, dua jenis bahan makanan ini memang mengandung antioksidan, yang diketahui dapat menurunkan kadar stress seseorang.

"Kami tahu bahwa sayur dan buah mengandung banyak antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan penyakit. Namun bagaimana sayur dan buah bekerja untuk kesehatan pikiran dan emosi kita, para peneliti belum mengetahuinya," ujar Profesor Andrew Oswald, yang memimpin penelitian tersebut.
(M048)

Penerjemah: Ella Syafputri

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga