Kami berharap ini adalah kesempatan bagus,"
Madrid (ANTARA News) - Dengan pensiunnya Casey Stoner, Dani Pedrosa berharap dapat menindaklanjuti pencapaian bagus musim lalu dengan menjadi juara Moto GP pada 2013, demikian disampaikan pria Spanyol itu pada Kamis.

Pria 27 tahun itu menjadi "runner-up" dari pebalap senegaranya Jorge Lorenzo pada November silam, ini merupakan ketiga kalinya ia menempati peringkat kedua setelah hal serupa pada 2007 dan 2010 selama tujuh tahun berkarir di kategori premium olahraga ini.

Mantan pesaing sekaligus rekan setimnya Stoner membuat keputusan mengejutkan untuk pensiun pada akhir musim lalu saat masih berusia 27 tahun, dengan mengatakan dirinya telah kehilangan rasa cinta ke olahraga ini setelah memenangi dua gelar dunia Moto GP.

"Kami berharap ini adalah kesempatan bagus," kata Pedrosa kepada Televisi Reuters pada presentasi tim Repsol Honda di Madrid. "Namun setiap tahun berbeda."

"Saya berharap saya mampu mengambil apa yang saya tinggalkan musim lalu, dengan energi, kekuatan, dan kepercayaan diri yang sama."

"Saya telah berlatih dengan baik dan saya berharap untuk mencapai balapan pertama dalam bentuk yang bagus. Masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan pada sepeda motor. Terdapat banyak perubahan peraturan dan kami perlu menyempurnakan semuanya sebelum ini dimulai."

Pedrosa meraih tujuh kemenangan pada musim lalu, mengejar Lorenzo sampai akhir musim, dan wakil presiden Honda Shuhei Nakamoto berharap pebalap andalannya ini dapat memenuhi potensinya.

"Dani menyelesaikan tahun lalu dengan sangat baik," ucapnya. "Ia memperlihatkan kemampuan yang ia miliki. Jika ia dapat membangunnya pada tahun ini, ia memiliki banyak peluang untuk melakukannya dengan baik."

Rekan setim Pedrosa yang baru adalah sesama pemuda Spanyol, Marc Marquez, yang berusia 19 tahun, yang naik kelas dari Moto2 di mana ia menjadi juara dunia 2012, untuk menggantikan Stoner.

"Terdapat banyak harapan dan saya gembira karena mereka memiliki banyak kepercayaan kepada saya. Itu penting bagi pebalap," kata Marquez kepada Reuters TV.

"Tahun ini akan menjadi pengalaman baru untuk saya, masa belajar, dan saya akan perlu untuk naik satu tingkat saat ini."

"Stoner selalu sangat cepat dan untuk dapat menggantikan dia merupakan suatu kehormatan. Namun pada akhirnya saya adalah saya, bukan dia."

Pengujian Moto GP akan dimulai di Sepang selama dua pekan, dan Grand Prix pembuka dilangsungkan di Qatar pada 7 April.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013