Rabu, 24 September 2014

Pemkab Pandeglang kembangkan peternakan kambing perah

Jumat, 25 Januari 2013 20:00 WIB | 2.873 Views
Pemkab Pandeglang kembangkan peternakan kambing perah
ilustrasi Seorang peternak kambing Peranakan Etawa memberi makan ternaknya dengan limbah tahu dan kulit singkong di Desa Jeru, Malang, Jawa Timur. (ANTARA/Ari Bowo Sucipto)
Pandeglang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, terus mengembangkan usaha peternakan kambing perah jenis peranakan etawa.

"Pada 2013, Pemkab memberikan bantuan kambing perah peranakan etawa pada satu kelompok sebanyak 11 ekor yang dananya berasal dari APBD kabupaten," kata Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pandeglang Winarno di Pandeglang, Jumat.

Bantuan tersebut, kata dia, merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk terus mendorong berkembangnya usaha peternakan kambing perah di daerah itu.

Winarno menjelaskan, pengembangan peternakan kambing perah di daerah itu baru dilaksanakan dalam dua tahun terakhir, namun menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan.

Ia menjelaskan, pengembangan kambing perah dilakukan kelompok peternakan Karang Sejahtera di Desa Pasir Peuteuy, Kecamatan Cadasari. Kelompk tersebut pada 2011 menerima bantuan kambing peranakan etawa dari Kementerian Pertanian sebanyak 25 ekor, yakni 23 betina dan dua jantan.

"Perkembangan ternak tersebut juga cukup bagus, dari 25 ekor bantuan tidak satu ekor pun yang mati, bahkan sekarang sudah berkembang menjadi 47 ekor lebih," ujarnya.

"Perkembangan kambing cukup bagus, karena itulah perkembangbiakannya pun baik. Dalam waktu kurang dari satu tahun sudah bertambah 22 ekor," katanya.

Ia menjelaskan, pada 2011 kelompoknya menerima bantuan sebesar Rp100 juta dari Kementerian Pertanian, dana tersebut di antaranya digunakan untuk pembelian kambing, rehabilitasi dan pembangunan kandang, pengadaan pakan, obat-obatan dan kegiatan administrasi kelompok.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, kata dia, terus memantau dan melakukan pendampingan kepada peternak, dan dalam waktu satu tahun ini menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.

Ia juga menjelaskan, bantuan kambing perah baru pertama kali bagi peternak di Kabupaten Pandeglang, dan merupakan percontohan.

"Dengan perkembangan yang cukup bagus, kita harapkan ke depan memberikan bantuan kambing peranakan etawa ini untuk kelompok lain di Kabupaten Pandeglang," katanya.
(S031/E005)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga