Kami sudah mendata rumah masyarakat, di awal jadi saya jadi gubernur ada sekitar 30 ribuan rumah yang tak layak huni. Kini tinggal 20 ribuan yang harus diselesaikan hingga 2015,"
Jambi (ANTARA News) - Sebanyak 20 ribuan rumah warga kurang mampu di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi akan direhabilitasi (dibedah) hingga tahun 2015.

"Kami sudah mendata rumah masyarakat, di awal jadi saya jadi gubernur ada sekitar 30 ribuan rumah yang tak layak huni. Kini tinggal 20 ribuan yang harus diselesaikan hingga 2015," kata Gubernur Jambi Hasan Basri Agus di Jambi, Sabtu.

Namun demikian, Gubernur memastikan jumlah rumah tak layak huni se-Provinsi Jambi yang mencapai puluhan ribu itu akan diselesaikan dalam lima tahun kepemimpinannya bersama wakilnya Fachrori Umar.

Program lima tahun ini memang program utamanya adalah pengentasan masyarakat miskin dari sisi bedah rumah.

Ia mengatakan, beberapa tahun belakangan, dana untuk bedah rumah memang disalurkan melalui bupati dan walikota se-Provinsi Jambi.

Selain itu, Hasan Basri Agus juga mengakui program bedah rumah belum terlaksana dengan baik, masih ada beberapa rumah yang mestinya dibedah, belum tertangani.

"Masih ada 1-2 rumah yang tertinggal, tapi tetap akan kita selesaikan," ujarnya.

Gubernur mengatakan, rumah yang nantinya sudah direhabilitasi juga akan diberikan sertifikat gratis sesuai dengan luas tanah yang dimiliki.

Jika tanah tempat rumah itu dibangun ternyata bukan milik yang punya rumah, sertifikat akan tetap diberikan, namun atas seizin pemilik tanah agar tidak menimbulkan permasalahan.
(KR-NF/E003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013