Cibinong (ANTARA News) - Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menjadi yang terbaik dalam hal pelayanan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) untuk wilayah Indonesia bagian barat pada 2012.

"Atas prestasi tersebut, Pemkab Bogor berhak mendapatkan sebuah mobil minibus yang langsung diserahkan oleh Mendagri Gamawan Fauzi kepada Bupati Bogor Rachmat Yasin," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Bogor, Erwin Suryana, di Cibinong, Rabu.

Pengumuman atas prestasi itu, kata dia, disampaikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persiapan Penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Mendagri Gamawan Fauzi kepada kepala daerah, yakni gubernur, bupati, dan wali kota se-Indonesia, di Jakarta, Selasa (29/1).

Untuk Indonesia bagian barat, urutannya adalah Kabupaten Bogor, diikuti Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, dan Kota Semarang (Jawa Tengah).

Sementara itu, Ketua tim penilai dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr. Sukrisno menjelaskan bahwa kabupaten/kota yang memperoleh penghargaan adalah yang terbaik dalam jumlah pelaksanaan pelayanan E-KTP kepada masyarakat setiap harinya.

Kepada daerah yang berprestasi, kata dia, diberikan penghargaan Toyota Kijang Innova untuk terbaik 1, Avanza untuk terbaik 2, sepeda motor Honda untuk terbaik 3.

Ia menjelaskan, berdasarkan Surat Keputusan Mendagri Nomor 471.13/70 Tahun 2013 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Terbaik dalam pelaksanaan pelayanan E-KTP massal, maka ditetapkan kabupaten/kota terbaik 1, 2, dan 3 untuk Indonesia bagian barat, tengah, dan timur di 300 kabupaten/kota.

Selain Indonesia bagian barat, terdapat pula enam kabupaten/kota di bagian tengah, dan timur Indonesia yang mendapatkan penghargaan serupa.

Penerima penghargaan untuk wilayah Indonesia bagian tengah: yaitu Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kabupaten Karangasem Bali, dan Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Penerima penghargaan untuk Indonesia bagian timur: Kepulauan Sula, Maluku Utara, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, dan Kabupaten Boven Digul (Papua Barat).
(A035)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013