Yangon (ANTARA News) - Amerika Serikat menyediakan tambahan bantuan darurat senilai 4,2 juta dolar AS kepada para korban kekerasan di negara bagian Rakhine, Myanmar, kata siaran pers Kedubes AS di Myanmar.

Bantuan tersebut diberikan oleh Badan Amerika Serikat untuk Pembangunan Internasional (USAID) baru-baru ini, sehingga menjadikan sumbangan AS secara keseluruhan di Rakhine mencapai 7,28 juta dolar AS sejak Juni 2012, kata pernyataan tersebut.

Bantuan itu diberikan melalui Program Pangan Dunia PBB dan Save the Children, dengan target penerima adalah mereka yang membutuhkan di negara bagian Rakhine tanpa memandang etnis dan dipandu oleh prinsip-prinsip internasional, termasuk non-diskriminasi, penghormatan untuk martabat orang yang terkena bencana, dan penyediaan bantuan yang memenuhi standar internasional.

XInhua melaporkan konflik antarkelompok masyarakat di negara bagian barat Rakhine berkobar pada Juni tahun lalu dan muncul lagi pada Oktober.

Konflik tersebut menyebabkan sekitar 115.000 orang tergusur dan mengakibatkan hilangnya nyawa dan perumahan, kata pernyataan itu menambahkan.

(H-AK/M016)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013