Pameran foto ini merupakan syukuran kami yang telah berhasil menancapkan bendera Merah Putih di Puncak Aconcagua,"
Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 44 foto hasil bidikan tiga pendaki Aconcagua dari Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam (Wanala) Unair Surabaya dipamerkan di kampus setempat, Kamis sore.

"Pameran foto ini merupakan syukuran kami yang telah berhasil menancapkan Bendera Merah Putih di Puncak Aconcagua," kata Humas tim pendakian, Ratu Vizar.

Mewakili tim, ia merasa sangat lega, karena perjuangan dan kerja kerasnya selama satu tahun lebih akhirnya tidak sia-sia. "Persiapan kami dari Oktober 2011 dan berakhir di Januari 2013," katanya.

Menurut mahasiswi Unair yang juga salah seorang pendaki, Lestari Ningsih, foto-foto itu menceritakan perjalanan tim dari Tanah Air, titik start pendakian, Puncak Aconcagua, hingga perjalanan turun kembali.

Beberapa buah foto yang dipamerkan antara lain saat mereka berada di Plasa de Mulaz (basecamp pendakian) yang menunjukkan suasana medan Gunung Aconcagua, Argentina, yang sangat tandus. Hanya ada batu hitam tanpa rumput sama sekali.

"Saat itu salju memang sedang dikit-dikitnya," kata aktivis Wanala Unair itu yang yang masih aktif kuliah di FIB Unair itu.

Foto lain adalah saat mereka melintasi Penitentes yang berbentuk serupa stalagmit dari es.

"Penitentes digunakan sebagai sumber air minum pendaki di camp Plasa de Mulas," kata Ari Kurniawan, mahasiswa Fakultas Keperawatan Unair yang juga salah seorang dari tiga pendaki Aconcagua.

Ia menjelaskan, kamera yang dipakai adalah kamera khusus pendakian. "Kami memakai kamera yang cocok untuk naik gunung, yang penting bentuknya kecil, tahan air, debu, salju dan suhu dingin," katanya.

Tanpa kamera khusus tidak mungkin untuk menembus udara dingin Aconcagua yang konon hingga -30 derajat celcius dan bila panas pun bisa mencapai 40 derajat celcius.

Peralatan lain yang dibutuhkan adalah hard case, semacam bungkus pelindung untuk kamera. Hard case tersebut bertujuan untuk melindungi kamera dari serbuan hawa dingin dan tekanan udara.

"Saya bangga dengan prestasi yang telah diraih Tim Wanala Unair," kata Direktur Kemahasiswaan Unair Drs Koko Srimulyo MSi di sela-sela Pameran Foto, Presentasi dan Syukuran Pendakian Aconcagua itu.

Acara itu juga dihadiri oleh perwakilan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL, UKM se-Unair dan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) di Jawa Timur dan Jawa Tengah.
(E011/H-KWR)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013