Setiap pemain yang memenangkan tim adalah petenis hebat
London (ANTARA News) - Penyandang gelar juara Republik Ceko maju ke perempat final Piala Davis setelah Tomas Berdych mengalahkan lawannya dari Swiss, Stanislas Wawrinka, Minggu, sehari setelah bermain dalam partai ganda yang melelahkan.

Berdych mengukir kemenangan dengan angka 6-3 6-4 3-6 7-6 atas Wawrinka, sehingga Ceko memimpin 3-1, sehari setelah ia dan Lukas Rosol bermain selama tujuh jam dan Wawrinka serta Marco Chiudinelli unggul dengan angka 24-22 pada permainan terakhir.

Ceko kini akan berangkat ke Kazakhstan April setelah negara pecahan Soviet itu menang 3-1 atas Austria, Minggu.

Italia juga maju ke babak perempat final setelah Fabio Fognini mengalahkan pemain Kroasia Ivan Dodig dalam pertandingan yang berlangsung lama.

Ceko maju ke pertandingan hari terakhir dengan keunggulan 2-1 dan Berdych bermain selama tiga jam 15 menit dalam empat set lawan Wawrinka, yang mengalahkan Rosol pada partai tunggal Jumat.

"Turnamen ini merupakan pertandingan tim. Setiap pemain yang memenangkan tim adalah petenis hebat. Mereka melakukan pekerjaan bagus dan mereka sebelumnya mengatakan sanggup melakukannya," kata Berdych, yang tidak bisa tidur hingga pukul 02.00 pagi, Minggu, setelah Sabtu bermain panjang.

"Tapi saya merasa enak setelah mendapatkan poin pertama dan saya siap bermain sampai set kelima," katanya seperti dikutip Reuters. Pertandingan berahir 3-2 setelah pemain Swiss Henri Laaksonen menang 0-6 6-3 6-1 atas Jiri Vesely.

Andrey Golubev membuat kejutan ketika menang 4-6 6-3 6-4 6-2 atas pemain dari Austria Juergen Melzer, dan membawa Kazakhstan maju ke perempat final untuk kedua kalinya. Ini merupakan kekalahan kedua Melzer dalam turnamen tiga hari itu.

Fognini mengatasi pemain Kroasia Dodig 4-6 6-4 6-4 6-4 ketika memajukan Italia ke babak perermpat final untuk pertama kalinya sejak 1998. Sebelumnya, pertandingan harus ditentukan pada laga kelima setelah pemain Kroasia Marin Cilic mengalahkan Andreas Seppi sehingga kedudukan menjadi imbang 2-2.

Prancis melakukan sapu bersih 5-0 atas Israel dan maju ke putaran berikutnya bersama Serbia dan Argentina, yang juga menang lima pertandingan lawan Jerman. Adapun pemenang lima kali Spanyol kalah 1-2 dari Kanada dan Amerika Serikat terpaut 2-2 dengan Brazil.

(A008) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013