Jakarta (ANTARA News) - Kode saham Research in Motion efektif berubah mulai hari ini di pasar saham baik di bursa New York maupun Toronto.

Sejak nama perusahaannya berganti dari RIM menjadi BlackBerry, saham perusahaan Kanada itu di bursa efek sekarang berkode "BB" di bursa efek Toronto (TSX) dan "BBRY" di indeks Nasdaq bursa New York, Amerika Serikat.

Nama legal perusahaan tidak berubah dan perusahaan akan menjalankan bisnis dengan nama BlackBerry sampai pemegang saham memilih untuk perubahan resmi pada rapat umum pemegang saham akhir tahun ini, kata BlackBerry dalam pernyataannya yang dipublikasikan di laman resminya.

Pada akhir Januari lalu, selain mengumumkan perubahan nama perusahaan, BlackBerry juga meluncurkan sistem operasi terbaru BlackBerry 10 berikut dua smartphone terbarunya, BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10.

BlackBerry mengatakan sekitar 1000 aplikasi BlackBerry 10 dari mitra akan tersedia di BlackBerry World, mulai dari aplikasi media sosial, game, olahraga, produktivitas, gaya hidup, dan banyak lagi.

Wakil presiden aliansi global dan pengembangan bisnis BlackBerry Martyn Mallick pada akhir Januari lalu menunjukkan sejumlah aplikasi yang akan mendukung platform BlackBerry 10.

Beberapa di antaranya aplikasi informasi bisnis Bloomberg, CNBC, Dictionary.com, Emirates NBD, dan IBM Notes Traveler. Ada pula permainan Sparkle, Azkend, King Oddball, Boom Brigede 2, dan Where's My Water?.

Kemudian aplikasi media sosial Badoo, Facebook, Foursquare, LinkedIn, ooVoo, Skype, Tuenti Social Messenger, Twitter, Viber, Whatsapp, dan Xing.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013