Ini adalah tahun bagi wirausaha dan diharapkan di tahun ini pula akan lahir lebih banyak wirausahawan pemula."
Jakarta (ANTARA News) - Masyarakat China kuno percaya jika ada ular masuk ke dalam rumah maka itu pertanda baik sebab seluruh isi rumah diyakini akan mendapat keberkahan dan tidak akan kelaparan sepanjang tahun.

Harapan itu menjadi doa bagi banyak orang mengingat tahun 2013 sesuai kalender China adalah Tahun Ular, yang dimulai pada 10 Februari 2013 dan berakhir pada 30 Januari 2014.

Berbagai peluang bisnis yang membawa hoki dipercaya akan sukses bila dimulai pada tahun ini.

Aguan, peramal sekaligus pengurus Kelenteng Hok Liong Kiong, dalam analisisnya menyebutkan di tahun ini, bagi siapa pun yang ingin memulai bisnis, sebaiknya memilih binis yang berhubungan dengan pariwisata, pelayanan, perikanan dan yang berhubungan dengan minyak.

Sedangkan pekerjaan yang mendatangkan hoki cukup besar pada 2013 menurut dia adalah arsitek, sekretaris, dan konsultan.

"Ini terkait semakin banyaknya perumahan yang akan berdiri," katanya.

Ia memperkirakan untuk bisnis rumah makan, kuliner, hiburan, perumahan, developer, kontraktor, politikus, otomotif dan perbankan akan mengalami banyak hambatan.

Persaingan akan semakin ketat sehingga mereka yang bergumul di bisnis tersebut harus semakin kuat, cerdas dan penuh trik cerdas agar tetap bertahan dan berkembang dengan baik.

Namun, apa pun kendala pilihan bisnis yang dijalankan pada dasarnya akan kembali pada rumus utama; setiap kerja keras pasti ada hasilnya.

Bahwa segalanya tidak akan berjalan dengan mulus adalah keniscayaan.

Tetapi setiap kendala pasti ada solusi, dan setiap kerja keras tidak mungkin tanpa arti. Sebab wirausaha adalah perjuangan untuk berani mengambil risiko.

Pilihan Bisnis
Satu dekade pascapergantian milenium dipercaya sebagai tahun-tahun dengan aplikasi teknologi tinggi.

Oleh karena itu, peluang bisnis yang bakal booming di masa yang akan datang diperkirakan adalah bisnis yang menggunakan basis teknologi sebagai sistem operasinya.

Contohnya, bisnis yang sedang naik daun dan dipercaya bakal masih diminati dalam beberapa tahun ke depan yaitu bisnis investasi di bidang saham.

Harga saham-saham unggulan "blue chip" diprediksi akan terus beranjak naik, membuat investornya kebagian profit yang lumayan.

Peluang bisnis menjual makanan, restoran, warung, warkop, rumah makan, kafe, dan sejenisnya dipercaya akan tetap eksis dan hampir tidak menemui kesulitan yang signifikan dalam pengembangannya, namun kompetisi adalah satu-satunya hal yang harus diwaspadai.

Oleh karena itu, konsep yang berbeda hampir pasti akan memenangkan hati konsumen.

Bisnis online adalah bisnis yang diyakini bakal cemerlang hingga bertahun-tahun mendatang mengingat terus meningkatnya penetrasi internet hingga pelosok desa.

Bisnis online yang diprediksi bakal booming di antaranya bisnis PPC, bisnis jasa webdesign, dan programming.

Selain itu peluang bisnis menjual script juga diyakini makin marak.

Script lengkap untuk perlengkapan membuat website otomatis dan tool (peralatan) sarana promosi dan segala perlengkapannya seperti software pembuat banner animasi, software email masal, dan lain sebagainya akan semakin diminati.

Terkadang "gaptek" tak jadi masalah untuk mendapatkan peluang menangkap komisi 70 persen jika berhasil menjual melalui Link URL Replika/Reseller yang didapatkan, meskipun harus membeli dulu.

Bisnis semacam itu tergolong mudah lantaran seseorang tak harus mempunyai produk ataupun website sediri tapi langsung bisa berbisnis.

Peluang bisnis lain yang juga potensial untuk berkembang adalah bisnis memberikan informasi yang penting yang berkaitan dengan dunia kerja atau dunia usaha.

Ragamnya bisa berupa kursus online, kursus motivasi, kursus kepribadian, hingga menjual produk-produk yang berguna untuk dunia kerja.

Di samping itu, bisnis yang berhubungan dengan penginapan, hotel dan pariwisata, mulai tahun ini diperkirakan juga bakal berkembang pesat.

Pintu Rezeki
Dari sisi pemerintahan, Kementerian Koperasi dan UKM justru menjadikan Tahun 2013 sebagai tahun wirausaha.

"Ini adalah tahun bagi wirausaha dan diharapkan di tahun ini pula akan lahir lebih banyak wirausahawan pemula," kata Menteri Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan.

Pihaknya memprakarsai berbagai program untuk mendorong lebih banyaknya wirausahawan yang lahir, termasuk menggalakkan Gerakan Kewirausahaan Nasional 2013.

"Mendalami bisnis atau berwirausaha itu tidak ada ruginya bahkan seperti janji Tuhan dari 10 pintu rezeki yang dibuka 9 di antaranya untuk pedagang atau wirausaha," katanya.

Pihaknya menargetkan mampu menciptakan satu juta wirausahawan baru sampai tutup tahun ini agar jumlah pengusaha di Indonesia bisa mencapai lebih dari dua persen populasi penduduk.

Jumlah itu diyakini akan mampu mendongkrak kualitas perekonomian negara menuju Indonesia yang lebih maju dan mandiri.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso Budi Susetio, bahkan melakukan "road show" di-85 perguruan tinggi di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat untuk mendorong mahasiswa untuk merintis usaha sebagai wirausahawan pemula.

"Kami memberikan seed capital hingga Rp25 juta perorang kepada 1.500 mahasiswa yang mampu merancang business plan yang inovatif dan layak didanai," katanya.

Tidak hanya itu, sejumlah program juga digalakkan untuk menghidupkan setidaknya satu juta wirausahawan baru di Indonesia di antaranya inkubator bisnis dan teknologi di berbagai lembaga pendidikan dan institusi.

Jika hal itu bisa dilakukan maka ledakan produk UKM Indonesia di pasar regional ASEAN bukan lagi mimpi, apalagi pilihan peluang bisnis semakin tersedia dengan hoki yang menanti di tahun ular air.

(H016/A011)

Oleh Hanni Sofia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013