Saya sebelumnya berharap bahwa pemungutan suara tersebut akan dilakukan pekan ini, namun pengkajian komite terhadap pencalonan itu belum selesai
Washington (ANTARA News) - Komite Angkatan Bersenjata Senat Amerika Serikat tidak akan melakukan pemungutan suara pekan ini soal penentuan Chuck Hagel sebagai Menteri Pertahanan yang baru di bawah Presiden Barack Obama, kata ketua panel, Rabu.

"Pemungutan sura komite tentang pencalonan Senator Hagel belum dijadwalkan," kata Senator Carl Levin dalam sebuah pernyataan, seperti yang dilaporlan oleh Reuters.

Levin mengatakan ia berkeinginan agar pemungutan suara dijadwalkan sesegera mungkin.

Levin, yang berasal dari Partai Demokrat, mengatakan --setelah sidang dengar pendapat pencalonan Hagel pekan lalu--, bahwa ia berharap panel akan melakukan pemungutan suara dalam sidang yang berlangsung Kamis pekan ini.

Namun, pihak Republik mengatakan mereka masih menginginkan informasi lebih lanjut soal sejumlah masalah.

Asisten Levin menolak untuk menjelaskan lebih rinci tentang mengapa pemungutan suara tidak dilangsungkan hari Kamis seperti yang diharapkan.

Hagel telah memberikan keterangan soal keuangan pribadinya, namun ia mengatakan tidak dapat menjelaskan semua persoalan seperti yang diminta karena ada informasi rahasia dari organisasi-organisasi yang tidak boleh ia ungkapkan.

Sejumlah senator Republik telah menuntut untuk mendapatkan teks-teks pidato Hagel, yang dikatakan Hagel tidak bisa ia berikan karena saat itu ia berbicara tanpa persiapan.

Senator lainnya mengatakan mereka menunggu hasil klaim soal pelecehan seksual tahun 2007 terhadap seorang mantan anggota staf Hagel oleh anggota staf lainnya, demikian menurut laporan majalah Foreign Policy.

Tidak ada indikasi tentang keterlibatan Hagel dalam kasus tersebut.

Para anggota senat asal Demokrat mengatakan bahwa keberatan-keberatan yang ditunjukkan pihak Republik merupakan upaya terakhir mereka meyakinkan Obama untuk menarik Hagel dari pencalonan, yang tampaknya tidak akan terjadi.

Hagel, mantan senator dari Nebraska, menghadapi berondongan pertanyaan dari rekannya sesama anggota Partai Republik pekan lalu ketika ia muncul pada sidang Komite Angkatan Bersenjata.

Komite tersebut harus terlebih dahulu menyetujui pencalonannya sebelum kemudian melakukan pemungutan suara dalam sidang Senat secara keseluruhan.

(T008/A023)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013