Jika terbukti bersalah tidak ada kata lain dipecat.
Bogor (ANTARA News) - HFIH (24) mahasiswa semester akhir ini terancam dipecat dari kampusnya jika terbukti bersalah dalam kasus prostitusi online yang menjeratnya.

"Jika terbukti bersalah tidak ada kata lain dipecat," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor Prof Yonny Koesmaryano saat dihubungi, Sabtu.

Prof Yonny mengatakan, IPB tegas dalam menindak mahasiswa yang terlibat tindakan yang melanggar hukum. Menurutnya, perbuatan tersebut tidak bisa dibiarkan.

HFIH ditangkap aparat Kepolisian Daerah Jawa Barat, Jumat (8/2) di salah satu penginapan di Jalan Pajajaran, bersama tiga orang perempuan.
Mahasiswa IPB tersebut menjadi tersangka pengelola prostitusi online yang menawarkan gadis-gadis muda melalui situs internet dengan tarif Rp1,5 juta.

Menurut Yonny, pihaknya telah melakukan pengecekan terkait status HFIH yang memang merupakan mahasiswa di IPB semester akhir yang tengah menyusun skripsi.

"Kami juga sudah melakukan klarifikasi kepada HFIH, dia (HFIH) mengakui saat penangkapan dirinya sedang berada ditempat tersebut. Ia juga mengakui kepada kami tidak terlibat dapat praktek tersebut," ujar Yonny.

Yonny menuturkan, IPB menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut kepada aparat kepolisian dan tidak memvonis terlalu dini membiarkan proses hukum berjalan hingga terbukti.

Menurut Yonny, dari pengamatan dan keterangan HFIH pihaknya meragukan yang bersangkutan terlibat karena berdasarkan evaluasi dari pihak fakultas, yang bersangkutan memiliki prilaku baik dan tidak mungkin berprilaku seperti itu.

"Kami berasumsi anak ini baik, tidak mungkin melakukan perbuatan itu. Tapi jika memang terbukti benar, sanksi yang diberikan adalah dipecat," katanya.

(ANT)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013