Moskow (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan anak yatim-piatu Rusia mesti diadopsi di dalam negeri Rusia.

"Kita harus melakukan semua yang dapat kita kerjakan sehingga anak yatim piatu menemukan keluarga angkat mereka di dalam negeri mereka, di Rusia," kata Putin dalam Kongres Orang Tua Rusia seperti dikutip Xinhua.

Tahun lalu Dewan Legislatif Rusia mensahkan larangan adopsi anak-anak Rusia oleh orang Amerika, mulai 1 Januari tahun ini.

Putin mendukung keputusan parlemen ini dan menyatakan jumlah warganegara Rusia yang ingin mengadopsi anak, termasuk anak sakit, terus bertambah. "Oleh karena itu, akan penting untuk menyederhanakan prosedur pengadopsian anak dan pemberian keringanan pajak buat orang yang mengadopsi anak."

Ia juga mengusulkan bantuan orang yang mengadopsi anak ditingkatkan. Putin juga mendukung rancangan undang-undang yang melarang warga Amerika Serikat mengadopsi anak Rusia.

"Saya paham ini mungkin tindakan yang emosional. Tapi saya kira wajar. Saya sendiri belum secara terinci membaca RUU itu, tapi saya mendukung sepenuhnya," kata Presiden Putin, Desember lalu.

Putin mengatakan tindakan itu pantas diambil untuk menanggapi langkah Washington memasukkan tersangka pelaku pelanggaran HAM Rusia ke daftar hitam yang disebut Putin meracuni hubungan Amerika-Rusia.

(C003)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013