London (ANTARA News) - Kuliner tanah air mengugah pengunjung stan makanan Indonesia dalam pameran Gastronomy Without Borders, a Manifestation of Flavors from Around the World  di kota Athena, Yunani, Minggu.

Ungkapan "orea" atau "nostima fagita" yang artinya "lezat" dan "makanan yang lezat", disampaikan para pengunjung yang datang ke stan Indonesia.

Sekretaris pertama KBRI Athena Jani Mediawati menyebutkan pameran itu digagas Chef's Club of Greece, diadakan sebagai bagian dari "The 6th International Forum of Gastronomy" diikuti oleh 13 negara yaitu Albania, Ceko, Filipina, Hungaria, Jepang, Jerman, Mesir, Meksiko, Peru, Rusia, Thailand, Venezuela dan Indonesia.

Dubes RI untuk Athena, Benny Bahanadewa, mengatakan keikutsertaan Indonesia adalah guna mempromosikan masakan Indonesia kepada masyarakat umum di Yunani selain kepada chef hotel dan restoran, pengusaha restoran dan hotel serta pengusaha catering yang menjadi target dalam acara tersebut.

Stan Indonesia menampilkan empat jenis makanan khas Indonesia yaitu Gado-gado, Sate Ayam, Perkedel dan Kue Lumpur serta satu minuman khas Indonesia yaitu Wedang Ronde.

Sesuai dengan permintaan pihak panitia, pada setiap jenis makanan yang disajikan setidaknya menggunakan dua produk Yunani. Dharma Wanita Persatuan KBRI Athena yang menyiapkan keseluruhan makanan memodifikasi makanan seperti sayur-sayuran di Gado-gado Indonesia yang dicampur dengan buah olive.

Stand Indonesia tampil menonjol dengan hiasan batik untuk meja, buku masakan Indonesia, alat-alat memasak yang dipakai seperti cetakan kue lumpur dan contoh bumbu tradisional Indonesia yang tidak dapat ditemukan di Yunani seperti sereh, lengkuas, buah asam, gula jawa dan kecap manis.

Selain itu, resep setiap masakan juga diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani sehingga memudahkan pengunjung yang ingin mengetahui cara pembuatannya.

Stan Indonesia juga membagikan kepada para pengunjung porsi kecil dari setiap masakan yang dipamerkan.

Pada hari yang sama, panitia menyelenggarakan Global Chef Challenge, Global Pastry Challenge dan Young Chefs Challenge, sehingga jumlah pengunjung yang datang mencapai ribuan.

Partisipasi Indonesia pada acara ini adalah atas undangan dari pihak panitia.

(ZG)



Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013