Bank Sampah harus menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif mengelola sampah, sehingga pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan menjadi budaya baru masyarakat di Indonesia.
Ambon (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup (MenLH) Balthasar Kambuaya menyatakan mendukung pelaksanaan program bank sampah di Kota Ambon, Maluku.

"Penanganan sampah dapat diwujudkan melalui program bank sampah guna peningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya di Ambon, Senin.

Sampah merupakan masalah klasik yang apabila ditangani bersama akan menghasilkan nilai ekonomis bagi masyarakat. Kementerian mendukung penuh program tersebut dilaksanakan di Ambon.

"Jika 2013 Ambon berhasil meraih penghargaan Adipura, kami akan mendukung program tersebut dengan memberikan insentif kepada pengelola bank sampah," katanya.

Balthasar mengatakan, Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah menegaskan setiap rumah tangga penghasil sampah tidak bisa lagi mengabaikan urusan pengelolaan sampah kepada pemerintah.

"Sampah tidak dapat diselesaikan hanya oleh Pemerintah dengan kumpul-angkut-buang ke TPA, tetapi harus dilakukan secara terpadu agar memberikan manfaat secara ekonomi, serta merubah perilaku masyarakat," ujarnya.

Diakuinya, prinsip dasar pengelolaan sampah yang ramah lingkungan harus diawali oleh perubahan cara kita memandang dan memperlakukan sampah. Sudah saatnya kita memandang sampah punya nilai guna sehingga tidak layak dibuang percuma.

Pengembangan Bank Sampah, katanya harus menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah (3R) guna membangun lingkungan sekaligus membangun ekonomi kerakyatan.

"Bank Sampah harus menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif mengelola sampah, sehingga pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan menjadi budaya baru masyarakat di Indonesia," tandasnya.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, menyambut baik program bank sampah yang digagas Kementerian Lingkungan Hidup.

"Kami mendukung penuh upaya pemerintah menciptakan upaya penyelamatan lingkungan melalui program bank sampah," katanya.

(N002)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013