.... longsor itu sewaktu-waktu bisa terjadi dan dapat menimbun rumah warga."
Purbalingga (ANTARA News) - Sedikitnya 60 keluarga di Dusun Sumingkir RT 02 RW 08, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga, terancam tanah longsor dari Bukit Gunungputri yang berada di atas permukiman warga.

"Ancaman bencana tanah longsor itu sewaktu-waktu bisa terjadi dan dapat menimbun rumah warga," kata Kepala Desa Bantarbarang Ludjeng AS, di Bantarbarang, Purbalingga, Selasa.

Ludjeng mengatakan hal itu saat menerima rombongan Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko dan Komandan Kodim Purbalingga Letkol Jati Bambang Priyambodo yang hendak mengecek calon lokasi Bakti Taruna Akademi Militer Magelang di Dusun Sumingkir, Desa Bantarbarang.

Ia mengatakan warga setempat mengaku betah tinggal di dusun itu meskipun dibayangi kekhawatiran terhadap kemungkinan terjadinya tanah longsor.

"Kami pernah berupaya untuk merelokasi warga, namun karena rumah penduduk sudah banyak, warga memilih tetap tinggal di tempat itu," katanya.

Menurut dia, pascalongsor yang menimpa rumah seorang warga bernama Misromi sekitar empat bulan lalu, warga berupaya mengantisipasi bencana itu dengan membuat pengaman dari bambu.

Akan tetapi, kata dia, upaya tersebut tidak membuahkan hasil sehingga warga meminta bantuan Pemerintah Kabupaten Purbalingga untuk membuatkan bronjong agar tidak terjadi longsor susulan.

"Usulan kami sudah direalisasi, dan saat ini tengah kami kerjakan. Pekan depan, juga ada bantuan tenaga dari taruna Akmil yang melakukan Bakti Taruna di desa kami, dan akan membantu pembuatan bronjong itu," katanya.

Terkait kondisi Dusun Sumingkir, Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko mengimbau warga setempat untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana tanah longsor.

"Pemkab bekerja sama dengan Kodim dan Akmil Magelang, akan membantu membuat bronjong penahan longsor di permukiman warga. Mudah-mudahan, bronjong tersebut bisa mengamankan wilayah dusun Sumingkir dari longsor," katanya.

(KR-SMT/I007)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013