Sabtu, 29 November 2014

Pelatih dan pemain asing semarakkan Proliga 2013

| 2.803 Views
id proliga 2013, pemain asing, pelatih asing, semarakkan proliga
Maka dari itu dengan ambisi masing-masing tim, para pemain asing sudah diambil sejak awal,"
Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pelatih dan pemain asing akan menyemarakkan kompetisi BSI Proliga Bola Voli 2013 yang akan bergulir pada 15 Februari hingga pertandingan final 5 Mei dengan lokasi kompetisi di sembilan kota.

Direktur Proliga Hanny S. Surkatty pada jumpa pers di Jakarta, Rabu, mengatakan dengan kekuatan pemain asing dan waktu persiapan yang lebih lama, masing-masing klub akan membuktikan diri untuk menjadi yang terbaik dan mencapai hasil maksimal.

"Maka dari itu dengan ambisi masing-masing tim, para pemain asing sudah diambil sejak awal," ucap Hanny.

Sejumlah pemain dan pelatih asing yang direncanakan dapat memperkuat tim Proliga sejak awal kompetisi antara lain adalah Vladimir (Siprus), Manic (Puerto Rico) di tim putra Jakarta BNI 46, kemudian Jutaraat Montripilia (Thailand), Zuletha (Kolombia) di tim putri Jakarta Popsivo PGN.

Jakarta Pertamina Energi juga berencana untuk mengandalkan legiun asing Douglas Duarte yang menjadi "blocker" terbaik pada 2012. Kemudian dari jajaran pelatih, di antaranya tim juara bertahan Jakarta BNI 46 yang akan ditukangi Wu Xinyu.

Bahkan tim debutan Manokwari Valeria Papua Barat juga tidak mau kalah dengan mengontrak dua pemain asing yakni Cindy Ramirez dari Kolombia, dan Reglla dari Kuba.

Sementara itu, di Tim Putri Gresik Petrokimia, manajemen masih berusaha mengurus perizinan dua pemain andalannya Elizabeth Hintemann dan Mirjana Djurig.

Hanny mengatakan mayoritas para pemain asing ini sudah dipersiapkan sejak lama oleh klubnya masing-masing. Kepastian jumlah dan siapa saja pemian dan pelatih asing yang akan berlaga di putaran pertama ini dan selanjutnya akan ditentukan Kamis (14/2) esok hari, saat pertemuan teknik antartim.

Beberapa pemain dan pelatih memang masih terkendala dengan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang menjadi peraturan di Proliga untuk pemain asing.

"Besok tepatnya, kita akan tahu, siapa yang sudah selesai KITAS dan dapat bermain sejak awal," tutur Hanny.

Bagi pemain dan pelatih asing yang belum selesai, dapat bermain pada putaran berikutnya saat KITAS mereka telah terbit.

Pelatih tim juara bertahan bagian putri Popsivo PGN M. Ansori mangatakan persaingan akan semakin ketat dan terget untuk mempertahankan gelar akan harus diupayakan dengan usaha yang lebih maksimal.

"Persaingan akan semakin ketat, semua tim sudah bersiap diri," ujarnya.

Dari bagian putra, perwakilan dari pengurus Jakarta BNI 46 Kliko TB Mulyono optimistis timnya dapat mempertahankan gelar.

"Walaupun untuk pemain asing ada kendala di KITAS, tapi kami optimis dapat pertahankan gelar," ucapnya.

Adapun daftar tim Putra yang akan berlaga di BSI Proliga Voli 2013 adalah Jakarta BNI 46 (juara bertahan), Surabaya Samator, Palembang Bank Sumsel Babel, Semarang Bank Jateng, Jakarta Sananta Indocement, Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta Electric PLN.

Di bagian tim putri, adalah Jakarta Popsivo PGN (juara bertahan), Jakarta Electric PLN, Jakarta TNI AU, Gresik Petrokimia, Jakarta BNI 46, Manokwari Valeria Papua Barat dan Jakarta Pertamina Energi.

Masing-masing tim, sesuai regulasi kompetisi, diperbolehkan menggunakan tiga pemain asing dengan maksimal dua pemain yang bermain di setiap laga.

(I029/C004)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga