Pada pertemuan Dewan Direksi ke-288 Minggu di Jeddah, kami menyetujui anggaran sebesar 450,8 juta dolar AS untuk proyek pembiayaan pengembangan di beberapa negara termasuk Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News) - Bank Pengembangan Islam (IDB) telah mengalokasikan dana senilai 100 juta dolar AS untuk proyek-proyek sanitasi berbasis komunitas SANIMAS di 46 kota di Indonesia.

"Pada pertemuan Dewan Direksi ke-288 Minggu di Jeddah, kami menyetujui anggaran sebesar 450,8 juta dolar AS untuk proyek pembiayaan pengembangan di beberapa negara termasuk Indonesia," kata Presiden IDB Ahmad Mohamed Ali dalam siaran persnya yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Selain dana untuk proyek di Indonesia, IDB juga menyediakan dana sebesar 125 juta dolar AS untuk konstruksi ChoocusChalfPloch di koridor jalan Tirana-Orca di Albania dan 120 juta dolar untuk proyek SADARA Petrochemical di Arab Saudi.

Pembiayaan utama lainnya sebesar 36 juta dolar AS dialokasikan untuk proyek penerangan luar ruangan di Tashkent City, Uzbekistan, 20 juta dolar untuk konstruksi jalan Sukuta-Jambangelly, Gambia, 19,7 juta dolar untuk program pendidikan di Uganda dan 1 juta dolar untuk fasilitas pendukung di Afrika.

Lebih lanjut, Dewan Direksi IDB juga menyetujui anggaran sebesar 2 juta dolar untuk kegiatan sosial di Suriah termasuk bagi pengungsi yang menyelamatkan diri ke Turki, Jordania, Lebanon dan Irak dengan dukungan bagi pelayanan pendidikan dan kesehatan.

IDB memberikan perhatian khusus untuk dana wakaf sebesar 1,7 juta dolar bagi proyek pendidikan dan kesehatan di komunitas Muslim di Republik Demokratik Kongo, India, Inggris dan AS.

Dana sebesar 25 juta dolar dianggarkan untuk proyek pendidikan dan pelatihan karyawan di Mesir.

Tema lain yang dibicarakan oleh direksi adalah evaluasi tahun 2012 dan perencanaan pertemuan selanjutnya pada 21--22 Mei 2013 di Dushanbe, Tajikistan.

(T.A061/M016) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013