... prioritas sektor politik dan ekonomi di kedua negara, yakni pengembangan Sistem Logistik Nasional di Indonesia dan Sektor Utama Logistik di Belanda... "
Delft, Belanda (ANTARA News) - Sejumlah universitas dan perusahaan dari Indonesia dan Belanda menjalin kerja sama riset di bidang logistik bernama Living Lab Logistics, yang diprakarsai Nuffic (Netherlands Universities Foundation for International Cooperation), lembaga Belanda untuk kerja sama internasional di bidang pendidikan tinggi.

Direktur Nuffic Neso Indonesia, Mervin Bakker, dalam pernyataanya yang diterima di Delft, Belanda, Kamis mengatakan, program ini memadukan riset dan praktik langsung di dunia kerja nyata yakni di beberapa perusahaan logistik di Indonesia dan Belanda.

"Melalui  Living Lab Logistics, para pelajar, dosen, dan peneliti dari institusi pendidikan tinggi yang memiliki keahlian di bidang logistik dihubungkan dengan perusahaan yang bergerak di bidang serupa," jelas Bakker.

Dengan demikian pembangunan SDM semakin pesat karena proses alih pengetahuan berjalan efektif dan mendalam, sehingga memacu inovasi mutakhir industri serta mendukung pengembangan akademik bagi universitas.

Menurut Bakker, Living Lab Logistics berkait  prioritas sektor politik dan ekonomi di kedua negara, yakni pengembangan Sistem Logistik Nasional di Indonesia dan Sektor Utama Logistik di Belanda.

Pekan ini rombongan mahasiswa Belanda gelombang pertama telah tiba di Indonesia untuk melakukan riset di perusahaan-perusahaan logistik di Indonesia. Mereka berasal dari Universitas sains terapan Rotterdam, Universitas Sains Terapan HAN (Hogeschool van Arnhem en Nijmegen) dan universitas sains terapan NHTV.

Sementara mahasiswa Indonesia yang akan mengadakan riset di Belanda berasal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Sekolah Bisnis Internasional Trisakti (TIBS) Jakarta.

Adapun perusahaan yang mendukung program ini adalah Samudera Indonesia, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo II) dan Witteveen & Bos yakni perusahaan asal belanda yang bergerak di bidang teknik.

(KR-LWA)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013