Selasa, 25 November 2014

Negara berkembang dorong pertumbuhan ekonomi global

| 2.369 Views
id negara berkembang, ekonomi global, perekonomian global, ekonomi dunia
Negara berkembang dorong pertumbuhan ekonomi global
Ilustrasi. Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan apartemen di kawasan Jalan Merdeka, Bandung, Jabar. (ANTARA/Andika Wahyu)
Mesin pertumbuhan riil tetap di pasar negara berkembang
Dubai (ANTARA News) - Ekonomi Amerika Serikat akan terus pulih pada 2013, namun pertumbuhan ekonomi dunia akan didorong oleh negara-negara berkembang, kata seorang pakar di Dubai.

Mark MacFarland, kepala strategi investasi untuk pengelolaan kekayaan di bank terbesar Dubai, Emirates NBD, mengatakan negara-negara berkembang seperti Brazil dan Rusia akan mendorong pertumbuhan ekonomi dunia.

"Investasi mereka dalam proyek-proyek infrastruktur memberikan permintaan untuk komoditas-komoditas, sebuah dorongan tambahan," katanya, seperti yang dilaporkan Xinhua.

Brazil akan menyelenggarakan Piala Dunia FIFA ke-20 pada 2014 dan Olimpiade musim panas ke-31 pada 2016. Rusia akan menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin di Sochi pada 2014, serta Piala Dunia FIFA pada 2018.

"Acara ini telah memicu investasi infrastruktur besar-besaran, sebuah fenomena yang di antara BRIC (Brazil, Rusia, India, China) sejauh ini hanya China yang telah terlihat," kata McFarland.

McFarland mengatakan ia melihat sedikit alasan untuk berinvestasi pada obligasi zona euro saat ini, karena diperkirakan 17 negara anggotanya menyusut sebesar 0,4 persen.

Ia juga memperkirakan ekonomi dunia akan meningkat 2,4 persen pada 2013, naik dari tingkat 2,3 persen tahun lalu.

Meskipun pertumbuhan AS akan sedikit jatuh menjadi 2,0 persen pada tahun depan, perekonomian terbesar di dunia pulih lebih cepat dari perkiraan banyak analis karena pasar perumahan bangkit kembali.

(A026)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga