Jakarta (ANTARA News) - Operator telekomunikasi PT Bakrie Telecom Tbk (Esia) memperkuat pasar di segmen pelanggan layanan suara dan SMS dengan merilis tiga kartu perdana baru.

"Maraknya layanan data tidak membuat kami melupakan segmen pelanggan suara. Bahkan kami berupaya mempertajam segmentasi pelanggan layanan suara dan SMS dengan mengeluarkan tiga kartu perdana baru," kata Rita Purnaeni, Head of Marketing Bakrie Telecom di Jakarta, Kamis.

Kartu perdana baru yang dirilis Bakrie Telecom meliputi "Nelpon GSM 100% Balik Pulsa", "Gratis Nelpon & SMS Sepuasnya" dan "Gratis Ribuan SMS ke Semua Operator".

Ketiga kartu perdana baru itu, kata Rita, ditujukan terutama pada khalayak masyarakat berpenghasilan terbatas seperti pedagang kaki lima, pekerja harian, sopir, satpam, dan tukang ojek.

Segmen pelanggan itu diyakininya masih sangat membutuhkan layanan komunikasi suara yang selama ini belum terlayani dengan baik oleh operator lain.

"Kami luncurkan tiga kartu perdana sekaligus karena memang segmen penggunanya berbeda dan butuh perlakuan khusus. Penghasilan mereka didapat secara harian dan karenanya sangat sensitif terhadap harga. Karena itu kami sediakan kartu perdana yang memiliki nilai tambah dari sisi biaya dan memperbanyak bonus gratisan yang bisa dirasakan langsung oleh mereka," katanya.

Dengan adanya tiga kartu perdana yang berbeda itu maka pihaknya berupaya untuk semakin mempertajam karakteristik segmen pelanggannya.

Mereka tidak lagi didasarkan pada aspek demografi semata, seperti jenis kelamin, umur, dan besarnya pendapatan, tapi juga mulai mempertimbangkan sisi psikografis konsumen.

"Umumnya segmen konsumen ini selain sangat memperhatikan nilai uang yang dikeluarkan, juga butuh layanan yang praktis dan mudah digunakan. Mereka tidak punya cukup kemewahan untuk chatting atau bersosial media karena hampir semua waktunya dihabiskan untuk bekerja. Mereka benar-benar tipe pekerja keras dan menggunakan teleponnya untuk sesuatu yang dibutuhkan," kata Rita.

Ketiga kartu perdana itu dilepas ke pasar dengan harga Rp5000.

Pada kartu perdana "Nelpon GSM 100% Balik Pulsa" misalnya, setelah pengguna melakukan isi ulang minimal Rp10 ribu maka pengguna kartu tersebut akan mendapatkan kembali jumlah pulsa senilai pulsa yang dihabiskan baik ke telepon GSM lokal maupun ke telepon Esia lainnya.

Demikian juga dengan kartu perdana "Gratis Nelpon + SMS Sepuasnya".

Penggunanya akan mendapat gratis 1000 SMS dan 10 jam nelpon ke pelanggan lainnya setelah melakukan isi ulang Rp10 ribu.

Masa aktif yang berlaku mengikuti periode yang paling panjang.

Sementara untuk kartu perdana "Gratis Ribuan SMS ke Semua Operator", penggunanya akan mendapatkan gratis 1000 SMS ke pelanggan Esia lainnya dan 500 SMS ke pelanggan operator lainnya.

Masa aktif yang berlaku juga mengikuti periode yang paling panjang.

"Bagi kami, pelanggan suara tetap memiliki potensi untuk dikembangkan seperti halnya pelanggan layanan data," katanya.

Apalagi jumlah penduduk yang berpenghasilan terbatas masih sangat dominan.

"Komitmen kami masih tetap seperti dulu. Akses layanan telekomunikasi merupakan hak dasar masyarakat Indonesia. Komitmen tersebut kami tuangkan dalam layanan yang sederhana, mudah dan terjangkau," tegas Rita.

(H016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013