Zurich (ANTARA News) - Nigeria melompat 22 peringkat dalam daftar rangking FIFA pada Kamis pasca kemenangan mereka dalam Piala negara-negara Afrika, tetapi belum ada tim dari benua tersebut yang berhasil menembus sepuluh besar.

Tim berjuluk Elang Super, yang menyingkirkan Burkina Faso 1-0 dalam final di Afrika Selatan itu sukses menjuarai kompetisi untuk pertama kalinya dalam 19 tahun terakhir, menempati rangking 30 dunia sekaligus menjadi posisi terbaik Nigeria dalam tiga tahun berselang.

Sementara Burkina Faso, yang melampaui ekspektasi dengan berhasil melangkah ke final, berada pada rangking 55 dunia, melompat 37 peringkat dari posisi sebelumnya.

Pantai Gading yang disingkirkan Nigeria pada babak perempat final menjadi negara Afrika yang menempati posisi tertinggi dirangking 12 dunia, diikuti Ghana yang berada tujuh peringkat di bawahnya.

Kejutan terjadi pada Cape Verde yang sukses melangkah hingga perempat final dalam debutnya, beranjak 13 peringkat menjadi posisi 63.

Peringkat tertinggi untuk zona Concacaf adalah Meksiko di peringkat 15 dan untuk kawasan Asia Jepang merupakan yang tertinggi di peringkat 28.

Juara dunia lima kali sekaligus tuan rumah Piala Dunia 2014, Brazil, berada pada posisi 18 yang merupakan peringkat terendah setelah ditaklukan Inggris 2-1 pada pekan lalu setelah Luiz Felipe Scolari kembali menangani tim nasional Brazil.

Kemenangan itu membawa Inggris menanjak dua peringkat ke rangking empat dunia.

Venezuela menjadi negara Amerika Selatan yang menunjukkan kenaikkan 10 peringkat dan bertengger di posisi 45, meninggalkan 10 negara lainnya dalam peringkat 50 besar.

Tidak ada perubahan untuk posisi tiga besar dunia dimana Juara Eropa, Spanyol, masih memimpin serta diikuti Jerman dan Argentina.

Berikut peringkat 10 besar FIFA (dalam kurung adalah peringkat sebelumnya) dikutip Reuters.

1. (1) Spanyol
2. (2) Jerman
3. (3) Argentina
4. (6) Inggris
5 (4) Italia
6 (5) Kolombia
6. (7) Portugal
8. (8) Belanda
9. (10) Kroasia
10. (9) Rusia

(D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013