Jakarta (ANTARA News) - Sudah nonton film musikal yang membuat Hugh Jackman dan Anne Hathaway menyabet Golden Globe tahun ini melalui film Les Miserables?

Bagi yang belum sempat menonton, mungkin album original soundtrack (OST) Les Miserables yang telah dirilis di Indonesia bisa membantu untuk menyelami kisah perjuangan, impian, harapan dan cinta seperti tergambar dalam film Les Miserables.

Untuk yang sudah menonton film itu, album tersebut tetap menarik untuk didengarkan, apalagi isinya sedikit berbeda dari lagu-lagu pada filmnya.

Album ini bisa dikatakan memuat versi lebih pendek dari nyanyian dalam filmnya. Singkat karena tak semua lagu dalam film ada di album ini.

Ada 20 nomor musikal di dalamnya, sementara versi layar lebar ada lebih dari 50 nyanyian.

Seluruh lagu dalam album ini dinyanyikan para pemain filmnya, yakni Hugh Jackmand, Russell Crowe, Anne Hathaway, Amanda Seyfried, Eddie Redmayne, Samantha Barks, Helena Bonham Carter, dan Sacha Baron Cohen.

"Ini selalu menjadi impian saya, bila Les Mis difilmkan saya ingin para pemeran dalam film ini menyanyikan secara langsung (live)," ujar sang produser rekaman, Cameron Mackintosh.

Cameron mengungkapkan versi album ini sengaja dibikin sedikit berbeda dari versi filmnya. Dengan rekan satu timnya, Stephen Metcalfe dan Lee McCutcheon, album soundtrack Les Miserables menjadi lebih "remix".

"Kami sangat ingin album ini dapat berdiri sendiri dari semua rekaman tahap sebelumnya," katanya.

Menyimak album ini, pendengar akan dibawa ke suasana film yang hidup, segala hiruk pikuk dalam film terdengar jelas. Dalam bahasa radio, tercipta "theatre of mind" yang menciptakan imajinasi dalam pikiran pendengar.

Cameron seolah ingin membebaskan pendengarnya menikmati dan menginterpretasikan nyanyian serta cerita dalam album ini sehingga tanpa menonton film ini, Anda dapat menikmati "Les Miserables" dengan lebih leluasa.

Album ini dibuka dengan "Look Down" yang dinyanyikan dua pemeran utama Les Miserables, Hugh Jackman dan Russell Crowe.

Kemudian dirangkai nomor-nomor berikutnya seperti "The Bishop", "Valjean Souliloquy", "At The End of The Day", "I Dreamed A Dream", "On My Own", "One Day More", hingga "Empty Chairs at Empty Tables" dan "Epilogue" sebagai pamungkas.

Adaptasi

Les Miserables adalah film drama musikal Inggris produksi 2012 yang diproduseri Working Title Films dan didistribusikan Universal Pictures.

Film ini didasarkan dari teater musikal berjudul sama yang disutradarai Alain Boubil, Claude-Michel Schonberg, dan Herbert Kretzmer.

Teater musikal ini diadaptasi dari novel Prancis berjudul Les Miserables karya Victor Hugo (1862).

Les Miserables disutradarai Tom Hooper, sedangkan skenario ditulis William Nicholson, dengan pemeran utama Hugh Jackman dan Russel Crowe.

Anne Hathaway, Amanda Seyfried, Eddie Redmayne, Samantha Barks, Sacha Baron Cohen, Helena Bonham Carter dan Aaron Tveit turut membintangi film ini.

Sementara album ini dirilis pada 21 Desember 2012 dan pada awal Januari 2013, soundtrack "Les Miserables" menempati jajaran atas US Billboard 200 dan terjual 92.000 kopi pada pekan kedua Januari.

Di Indonesia, melalui Universal Music Indonesia, album ini telah dirilis pertengahan Januari lalu.

Single "I Dreamed a Dream" yang dinyanyikan Anne Hathway telah diputar di radio-radio di seluruh Indonesia.

Oleh Ria Desy Saputra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013