Purwokerto (ANTARA News) - Ribuan warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk melaksanakan pencoblosan dalam pemilihan kepala daerah setempat yang digelar Minggu.

Warga tampak berduyun-duyun mendatangi TPS-TPS guna menyalurkan hak pilihnya.

Salah seorang warga Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan, Nining mengaku antusias mengikuti pilkada. Ia juga sudah mempunyai ketetapan hati mencoblos salah satu kandidat karena menginginkan adanya perubahan di Banyumas.

"Oleh karena itu, saya akan gunakan hak pilih dalam pilkada ini," katanya.

Sementara di TPS 2 Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat, berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT)tercatat sebanyak 539 pemilih, salah satunya Bupati Banyumas Mardjoko yang mendapat undangan dengan nomor urut 458.

Saat ditemui wartawan, Mardjoko yang juga calon petahana, mengaku optimistis menang dalam satu putaran.

"Kalau pilkada berjalan satu putara, berarti akan menghemat anggaran sebesar Rp12 miliar," kata dia yang berpasangan dengan Gempol Suwandono.

Dalam kesempatan tersebut, calon bupati Mardjoko mengimbau para pendukungnya untuk taat pada peraturan terkait sejumlah isu praktik politik uang yang dituduhkan kepada pasangan ini.

"Serahkan saja permasalahan itu kepada yang berwajib (panitia pengawas pemilihan umum, red.)," katanya.

Pilkada Banyumas yang digelar pada 17 Februari 2013 diikuti enam pasangan calon yang terdiri dua pasangan dari jalur perseorangan dan empat pasangan yang diusung gabungan partai politik.

Dua pasangan dari jalur perseorangan, yakni pasangan Toto Dirgantoro-Saefuddin (Toto-Sae) dan pasangan Anteng Tjahyono Widyadi-Dwi Basuki (Oyong-Uki).

Sementara empat pasangan yang diusung oleh gabungan partai politik, yakni pasangan Mardjoko-Gempol Suwandono yang diusung Partai Golkar, Partai Hanura, dan Partai Gerindra.

Pasangan Achmad Husein-Budhi Setiawan (Husein ber-Budhi) yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan.

Pasangan Warman Suharno-Winarni (Wani) yang diusung Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera.

Pasangan Muksonudin-Hendri Anggoro Budi (Muri) yang diusung Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Karya Peduli Bangsa.

Dua di antara enam calon bupati tersebut merupakan petahana, yakni Mardjoko yang saat ini masih menjabat Bupati Banyumas dan Achmad Husein yang merupakan Wakil Bupati Banyumas.

Keenam pasangan ini harus memperebutkan suara dari 1.315.267 pemilih yang tersebar di 2.654 TPS.
(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013