... harus nonton secara maraton... "
Jakarta (ANTARA News) - Bagaimana rasanya nonton film selama mungkin di bioskop? Apalagi kalau diiming-imingi hadiah uang Rp40 juta? Bisa ditanyakan pada 71 orang penonton film yang sedang adu kuat nonton film di Blitzmegaplex Grand Indonesia, Jakarta, Minggu. 

Secara resmi, gelaran yang cukup langka itu bertajuk pemecahan rekor MURI untuk kategori nonton film paling lama nonstop. 

Ke-71 orang itu "tersaring" dari proses pendaftaran yang telah dibuka sejak beberapa waktu lalu. Mereka ditantang menonton film selama 10 jam tanpa henti di bioskop milik jaringan Blitzmegaplex itu, dimulai pada pukul 10.00 WIB tadi. 

Ada lima film layar lebar yang disuguhkan kepada mereka, dari siaran televisi berbayar HBO dan Red. Selama adu kuat nonton itu dilaksanakan, satu studio ditutup untuk umum pada Minggu itu. 

"Mereka harus nonton secara maraton dan tidak diperkenankan melakukan gerakan-gerakan tertentu seperti berdiri, kecuali pada waktu istirahat yang telah ditentukan," ujar penyelenggara acara yang juga General Manajer Marketing Indovision, Dhini Prayogo,  Minggu siang.

Ada wasitnya, karena peserta tidak boleh menutup mata juga wajah atau memalingkan wajah saat melihat adegan-adegang film horor menyeramkan --sebagai misal-- pun panitia tidak mau membocorkan judul-judul film yang akan diputar. Rahasia. 

"Para peserta juga akan dites lewat kuis, untuk mengetahui apakah mereka benar-benar menonton," katanya. Jadi, jangan harap menang kalau di tengah kontes itu peserta tertidur atau berlama-lama di toilet; dijamin tidak bisa mengikuti jalan cerita.  

Begitulah, sampai pukul 13.00 WIB alias empat jam sejak dimulai atau sekitar baru dua film diputar, tiga peserta gugur sehingga tinggal 68 peserta yang membuka mata dan memasang telinga menonton film, di ruangan bioskop yang sangat sejuk di kursi empuk itu. 

Awas jangan ngantuk... Rp40 juta menunggu untuk tiga peserta paling oke. 

(lod)

Pewarta: M Baghendra Lodra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013