... Mick sempat sulit bernapas... "
Balikpapan, Kalimantan Timur (ANTARA News) - Crosser Australia, Headley Michael Adrian (30 tahun), tewas dalam kejuaraan lintas medan motor trail Balikpapan 2 Days Enduro di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (16/2) malam.

Adrian --disapa Mick-- meninggal dunia diduga karena kelelahan dan mengalami dehidrasi yang luar biasa saat melintas di kawasan Taman Hutan Raya Bukit Soeharto, dari Bukit Bangkirai hingga kilometer 62 Jalan Soekarno-Hatta.

Kawasan itu berada di wilayah adminstrasi Semoi, Penajam Paser Utara dan sebagian lagi Samboja, Kutai Kartanegara.

"Mick sempat sulit bernapas," tutur Alief Yuvana, crosser Balikpapan, Minggu.

Nyawa Mick tak tertolong lagi sekitar pukul 19.00 WITA Sabtu (16/2). Jenazah Mick berhasil dievakuasi pada Minggu dinihari. Ia dibawa keluar melalui muara jalan tanah di kilometer 62 Jalan Soekarno-Hatta, Samboja, dan terus dibawa ke RS Kanujoso Djatiwibowo, di Balikpapan. 

Insiden Mick ini membuat lomba dihentikan dan seluruh rute dibatalkan. Para crosser diminta kembali ke Balikpapan melalui on road, Jalan Soekarno-Hatta yang terdekat dari posisinya masing-masing.

"Sebagian besar yang sudah berada di Tahura keluar lewat kilometer 62, sebagian lewat kilometer 38," tutur Denny Warrouw, pemimpin rombongan dan penunjuk jalan.

Sampai Minggu pagi, masih ada sekitar 50 crosser yang bermalam di hutan. Panitia menyuplai mereka dengan makanan melalui helikopter.

Setelah tengah hari, pada pukul 14.00 Wita, mereka yang belum keluar dari trek tinggal 20 orang yang dikabarkan dari Palu, Sulawesi Tengah. Evakuasi itu hanya untuk orang sehingga bila motor terbenam di dalam lumpur, ditinggal saja.

Sehari sebelumnya, Balikpapan 2 Days Enduro start di halaman Dome, Gedung Pertemuan dan Olahraga di Jalan Ruhui Rahayu, Balikpapan, tepat pukul 08.00 WITA Sabtu.

Pesertanya tak kurang dari 800 penggemar trail adventure hampir dari seluruh Indonesia. Acara itu adalah salah satu acara memeriahkan HUT Ke-116 Kota Balikpapan.

Mick ikut kegiatan ini bersama sejumlah teman-teman ekspatriatnya, baik dari teman kantornya di PAMA atau dari berbagai kantor dan bangsa.

Dari Dome, peserta masuk medan tanah mulai dari Balikpapan Regency hingga Waduk Manggar di Km 12 Jalan Soekarno Hatta.

"Dari sana jalan aspal hingga kilometer 24, dan masuk trek offroad lagi hingga Bukit Bangkirai," tutur Denny Warrouw.

Rute antara Bukit Bangkirai-kilometer 62, diceritakan Budinoyo, crosser lain Balikpapan, memang sangat berat. 
"Di kanan atau di kiri jurang, benar-benar perlu fisik prima dan konsentrasi tinggi," sebutnya. 

(KR-NVA/A041)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013