Jakarta (ANTARA News) - Raksasa mesin pencari di Internet, Google, memamerkan kecanggihan kacamatanya untuk melakukan pencarian, sebagai kamera, dan terjemahan suara.

Google, dalam situs khusus yang ditujukan untuk Google Glass, mengajak para pengembang individu untuk bekerjasama membuat aplikasi bagi perangkat komputasi terbaru itu.

Sebagai imbalan, Google akan menawarkan seperangkat kacamata seharga 1500 dolar AS dan mengundang para pengembang itu hadir di acara khusus Google di New York, San Francisco, atau Los Angeles.

"Kami masih dalam tahap awal, dan sementara kami tidak dapat menjanjikan semua hal akan sempurna, kami berjanji (kacamata) itu akan menarik," sebut Google untuk membujuk para pengembang.

Dalam video berdurasi dua menit 16 detik di YouTube, Google mencontohkan penggunaan fungsi kamera ketika pengguna mengatakan "take a picture" atau "recording a video".

Pengguna juga dapat meminta Google Glass mencari gambar, data, bahkan kontak teman yang terhubung melalui Internet.

Perangkat kacamata itu juga dapat diminta menunjukkan arah jalan dan menerjemahkan bahasa untuk percakapan sehari-hari.

Google Glass diperkirakan akan hadir di pasaran mulai awal 2014 dan saat ini hanya dapat dipesan untuk para pengembang aplikasi.

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013