Jakarta (ANTARA News) - Gaun-gaun indah dan bersejarah milik Putri Diana yang sudah dijual di New York sebelum kematiannya pada 1997 akan dilelang lagi, termasuk di antaranya gaun biru yang dikenakan saat berdansa dengan John Travolta di Gedung Putih tahun 1985. 

Menurut laman People, juru lelang Kerry Taylor yang berbasis di London menjual lagi gaun-gaun milik Putri Diana yang antara lain terdiri atas koleksi busana dari perancang favorit Diana seperti Zandra Rhodes, Catherine Walker, dan Bruce Oldfield.

Pelelangan yang disebut Fit for a Princess: Important dresses formerly in the collection of Diana, Princess of Wales itu akan diadakan pada 19 Maret. 

Gaun yang ditawarkan beragam, mulai dari ballgown hingga gaun cocktail sifon dalam berbagai warna yang pernah dikenakan Diana untuk acara formal seperti kunjungan ke Austria, Australia, Brazil, India, Korea Selatan, dan juga Amerika Serikat.

Sebuah gaun malam warna pink dengan hiasan bordir rancangan Catherine Walker yang dipakai Diana saat berkunjung ke India diperkirakan dapat terjual hingga 180 ribu dolar AS dan gaun berwarna hijau laut yang dipakai Diana ke Austria diprediksi terjual hingga 50 ribu dolar AS.

Gaun-gaun Putri Diana itu dijual di rumah lelang Christie di New York setelah dia bercerai dengan Pangeran Charles. 

Ketika itu Diana mengungkapkan bahwa Pangeran William memberinya ide untuk melelang gaun-gaunnya dan menyumbangkan hasil lelang untuk amal.

(nan)

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013