Jakarta (ANTARA News) - Band folk asal Inggris Mumford & Sons berada di puncak tangga album Billboard 200, setelah meraih Grammy beberapa waktu lalu.

Album kedua mereka, "Babel", yang menjuarai kategori "Album of The Year" di Grammy kemarin, terjual sebanyak 185 ribu kopi, demikian menurut statistik Nielsen SoundScan.

Band ini juga dua kali tampil di siaran langsung televisi dan ditonton oleh 28 juta orang.

"Babel" dirilis September 2012 dan naik ke posisi satu Billboard 200 sebagai debut terlaris tahun ini. Sebelumnya, "Babel" menduduki posisi keempat.

Sementara, berada di urutan ke dua Billboard, adalah album kompilasi resmi nominator Grammy, "2013 Grammy Nominees", yang antara lain berisi lagu dari The Black Keys, Kelly Clarkson, Katy Perry, dan Gotye, yang terjual 87 ribu kopi.

Album milik para penampil Grammy juga masuk urutan 10 besar Billboard. "Unorthodox Jukebox" dari Bruno Mars menduduki posisi ketiga, mengungguli Taylor Swift "Red" yang berada di posisi keempat, seperti yang dikutip dari Reuters.

Debut album milik The Lumineers berada di posisi keenam, kemudian "Some Nights" milik trio FUN berada satu posisi di atas "Overexposed"-nya Maroon 5, yang ada di urutan delapan.

Tangga lagu digital pun turut terkena imbas Grammy, namun tidak ada yang mampu menggeser rapper indie Macklemore dan Ryan Lewis dengan "Thrift Shop"-nya yang berada di posisi utama. Lagu itu telah diunduh lebih dari 412 ribu kali.

Single duet Rihanna dengan Mikky Eko berjudul "Stay" naik tajam setelah Grammy. Lagu itu berada di posisi kedua dengan jumlah unduhan 306 ribu kopi.

Kemudian video musik yang fenomenal "Harlem Shake" oleh Baauer ada di posisi tiga, diikuti oleh Bruno Mars dengan "When I Was Your Man" di nomor 4, sementara di posisi lima ada Justin Timberlake featuring Jay-Z "Suit & Tie".

(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013