Jadi dengan sering terjadinya kriminalitas tersebut maka seluruh lapisan masyarakat harus selalu waspada dan mengantisipasi bersama,"
Palembang (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan secara umum tingkat kriminalitas di Sumatera Selatan mulai mengkhawatirkan dan itu perlu pemikiran bersama.

"Jadi dengan sering terjadinya kriminalitas tersebut maka seluruh lapisan masyarakat harus selalu waspada dan mengantisipasi bersama," kata dia ketika ditanya wartawan tentang kondisi Sumsel usai membuka Pelatihan Empat Pilar Kebangsaan untuk pelatih di Palembang, Kamis malam.

Pelatihan empat pilar kebangsaan untuk pelatih tersebut diikuti 100 peserta dari berbagai organisasi keagamaan, perguruan tinggi dan pemuka masyarakat di Sumsel.

Namun, lanjut dia, walaupun tingkat kriminal sudah mengkhawatirkan tetapi persatuan dan kesatuan masyarakat di daerah ini tetap terjaga.

Lebih lanjuit dia mengatakan, selain itu kerukunan umat beragama di daerah ini cukup bagus sehingga perpecahan sulit terjadi.

Berdasarkan pantauan secara nasional kerukunan umat beragama di Sumsel sangat bagus dan itu harus selalu dijaga.

Menurut dia, namun, walaupun demikian persatuan dan kesatuan serta kerukunan antar umat beragama tersebut harus selalu dijaga dengan menerapkan nilai-nilai kebangsaan.

Oleh karena itu melalaui kegiatan sosialisasi empat landasan kebangsaan tersebut sebagai upaya mempererat hubungan dan kerukunan sesama manusia.

Hal itu karena empat pilar itu terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan RI.

Bila itu diterapkan maka permasalahan yang dihadapi dapat diantiaispasi bersama seperti pewaris terdahulu.

Selain itu, empat pilar kebangsaan tersebut juga terdapat nilai gotong royong seperti yang dilaksanakan nenek moyang dahulu.

"Nilai gotong royong tersebut harus selalu terjaga sehingga sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut sangat diperlukan," katanya.
(U005)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013