Jumat, 25 Juli 2014

Kenali lima lintas diare menurut WHO

Sabtu, 23 Februari 2013 17:45 WIB | 3.085 Views
Kenali lima lintas diare menurut WHO
Rotavirus adalah penyebab utama timbulnya penyakit diare pada anak. (ANTARA/Adnan)
Jakarta (ANTARA News) - Diare pada anak bisa berakibat fatal bila tidak ditangani dengan baik.

"Lima lintas diare yang juga diikuti oleh Kemenkes adalah nutrisi, rehidrasi, zinc, edukasi, dan selektif memilih obat terutama untuk anak," jelas dokter spesialis gastroenterology anak FKUI-RSCM, dr Muzal Kadim Sp. A(K) di Jakarta, Sabtu, mengenai lima lintas diare sebagai penanganan yang tepat menurut organisasi kesehatan dunia (WHO).

Anak yang mengalami diare harus segera diberikan cairan pengganti atau oralit sebagai bentuk rehidrasi. Muzal menjelaskan bahwa satu liter cairan yang keluar dari tubuh sama dengan satu kilo bobot tubuh.

"Pola makan juga harus baik untuk menggantikan nutrisi yang terbuang. Hindari makanan atau minuman manis supaya diare tidak bertambah parah," kata Muzal.

Muzal mengatakan bahwa zinc juga dapat membantu mengatasi diare, dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, edukasi juga memiliki peran penting, supaya penderita tahu apa yang harus dikonsumsi, apa yang harus dilakukan saat terserang diare, jelas Muzal.

"Jangan lupa, selektiflah memilih obat untuk menangani diare. Obat hanya boleh diberikan untuk orang dewasa. Anak-anak yang mengalami diare sebaiknya tidak mengkonsumsi obat," imbuh Muzal.

(M048)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga