Minggu, 26 Oktober 2014

Madonna artis pop terkaya

| 2.668 Views
id madonna, artis pop terkaya, survey billboard,
Madonna artis pop terkaya
Madonna tampil dalam tur dunia MDNA di Staples Center, Loas Angeles, California, Oktober tahun lalu (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta (ANTARA News) - Madonna mengalahkan Bruce Springsteen dan pendiri Pink Floyd, Roger Waters, sebagai musisi dengan bayaran tertinggi tahun 2012 versi Billboard.

Selama lima tahung belakangan, penyanyi berusia 54 tahun ini telah dua kali menjadi artis terkaya.

Menurut Billboard, tur dunia "MDNA" selama 88 hari membantunya menghasilkan 34,6 juta dolar AS, seperti yang dikutip dari laman BBC.

Menurut data yang dihimpun Billboard dari Boxscore dan Nielsen SoundScan, Bruce Springsteen berada di bawah Madonna.

Ia berpenghasilan 33,4 juta dolar setelah tur album "Wrecking Ball"-nya laku keras. Penjualan aksesoris juga turut menambah penghasilannya. Konser-konser Springsteen menyumbang 92 persen dari penghasilan totalnya.

Sang pendiri Pink Floyd berada di urutan ketiga. Tur "The Wall Live"-nya ditaksir berharga 21 juta dolar.

Di bawah Waters adalah band hard rock asal California, Van Halen. Mereka berpenghasilan 20 juta dolar setelah mempromosikan album "A Different Kind of Truth".

Editorial analis dari Billboard, Glenn Peoples, mengatakan kebanyakan uang mereka "berasal dari bayaran konser yang tinggi".

"Ironisnya, pemasukan artis yang banyak melakukan tur jauh di atas penjualan album mereka," kata Peoples.

Musisi lainnya yang masuk 10 besar artis terkaya adalah Kenny Chesney, Dave Matthews band, Tim McGraw, Jason Aldean, dan Coldplay.

Justin Bieber menduduki posisi terakhir dengan 16 juta dolar. Sebanyak 10 juta dolar berasal dari tur "Believe".

"Mereka yang ada di 10 besar, 84,2 persen penghasilannya berasal dari konser. Angkanya mungkin lebih tinggi," kata Peoples.

Madonna menjadi satu-satunya perempuan yang berada di daftar artis terkaya. Pemenang tahun lalu, Taylor Swift, jatuh ke posisi 15 karena ia tidak melakukan tur tahun lalu.

Meski begitu, penghasilan Swift masih bagus. Ia memiliki 12,7 juta dolar dari penjualan lebih dari tiga juta album digital dan 15,6 juta lagu digital.

Adele, yang memiliki album terlaris di AS tahun 2011 dan 2012, berada di posisi 11 dengan penghasilan 14 juta dolar.

(nta)


Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga