Rumah ini kami tahu milik gubernur, paling mewah di daerah ini
Pekanbaru (ANTARA News) - Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencurigai satu unit rumah probadi Gubernur Riau HM Rusli Zainal yang berada di Jalan Utama, Pekanbaru, merupakan "hadiah" kontraktor rekanan pengerja proyek Stadion Utama.

"Kami sudah menggeledah rumah tersebut dan hasilnya cukup mencurigakan," kata Ketua Tim Penyidik KPK, Kristian, di Pekanbaru, Rabu pagi.

Penyidik KPK tidak menapik adanya kecurigaan rumah pribadi tersebut merupakan "hadiah" yang diberikan pihak rekanan pengerja proyek Stadion Utama PON Riau.

"Tidak menutup kemungkinan, dan kecurigaan ke arah sana tentu ada," kata penyidik.

Pantauan ANTARA, rumah pribadi Rusli Zainal yang berlokasi di Jalan Utama, Pekanbaru tersebut tampak megah bertekstur menawan dengan ukiran batik khas melayu pada setiap dinding luar dan bingkai plafonnya.

Rumah tersebut juga memiliki halaman yang cukup luas dengan dikelilingi oleh pagar setinggi lebih dari 1,5 meter.

Informasi warga, rumah yang telah mencapai kesiapan 90 persen tersebut belum dihuni oleh Rusli ataupun keluarga Gubernur Riau.

"Rumah ini kami tahu milik gubernur, paling mewah di daerah ini," kata Jusman, seorang warga yang tinggal tidak jauh dari rumah mewah itu.

Juru Bicara KPK Johan Budi sebelumnya menyatakan, KPK bakal menyita rumah-rumah Gubernur Riau HM Rusli Zainal jika terbukti atau diduga merupakan aset hasil dari kejahatan tindak pidana korupsi.

"Namun saat ini kami masih mendata aset dan kekayaan tersangka RZ dan tentunya akan dilakukan penyitaan kalau itu diduga hasil kejahatan korupsi," katanya.

Dia menjelaskan, penelusuran aset kekayaan Rusli Zainal, tersangka kasus dugaan korupsi kehutanan dan korupsi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII 2012, dilakukan melalui kerja sama dengan lembaga terkait, khususnya dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

(KR-FZR)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013