Jaringan keuangan ini adalah alat dalam penyaluran uang untuk operasi teror...
Washington (ANTARA News) - Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi kepada warga negara Afghanistan, Mullah Ahmed Shah Noorzai, karena ia diduga menyediakan layanan dana untuk Taliban.

Ahmed Shah memiliki dan mengoperasikan Roshan Money Exchange (RMX), yang sebelumnya telah dijadikan sasaran sanksi oleh PBB dan Amerika Serikat karena diduga menyediakan layanan dana buat Taliban, demikian menurut Kementerian Keuangan AS di dalam satu pernyataan.

"RMX menyimpan dan menyerahkan dana serta keuangan yang mendukung operasi militer Taliban serta peran Taliban dalam perdagangan narkotika Afghanistan," kata pernyataan tersebut.

Di dalam pernyataan itu, Wakil Menteri Urusan Terorisme dan Intelijen Keuangan David Cohen berikrar akan terus mengincar kegiatan keuangan yang berkaitan dengan Taliban.

"Jaringan keuangan ini adalah alat dalam penyaluran uang untuk operasi teror dan mereka juga sangat terlibat dalam pengelolaan sumber penghasilan tidak sah dari perdagangan narkotika secara luas Taliban," kata Cohen sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Ahmed Shah telah menyediakan layanan keuangan buat pemimpin Taliban di Provinsi Helmand, Afghanistan, selama bertahun-tahun, kata Kementerian Keuangan AS.

Departemen tersebut menambahkan bahwa pada awal 2012, Taliban memerintahkan Ahmed Shah untuk mengirim uang ke sejumlah tempat pertukaran uang di Lashkar Gah, Provinsi Helmand, di mana dari sana, seorang komandan senior Taliban akan mengalokasikan dana tersebut.

(C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013