Jakarta (ANTARA News) - Pengusaha pertambangan asal Australia, Clive Palmer menunjukkan cetak biru kapal Titanic II, replika terbaru dari kapal nahas Titanic.

Kapal itu akan dibuat mirip dengan desain dan dekorasi aslinya, dengan tambahan modifikasi agar sesuai dengan peraturan keamanan dan pembangunan kapal sekarang ini.

Titanic II juga akan memakai peralatan modern agar meberi kenyamananpada penumpang, seperti pendingin ruangan.

Seperti kapal yang tenggelam pada tahun 1912, Titanic II akan dibuat tiga kelas terpisah.

"Saya tidak telalu percaya takhayul," kata Palmer saat jumpa media di New York, saat ditanya membuat kembali kapal yang tenggelam seperti menantang takdir.

White Star Line, perusahaan yang menjalankan Titanic, dulu mengatakan kapal itu dirancang untuk tidak bisa tenggelam. Palmer, yang membuat perusahaan Blue Star Line tahun lalu , menolak memberikan ssumbar yang serupa.

"Apapun akan tenggelam bila ada lubang. Saya rasa sombong sekali kalau bilang begitu," kata Palmer, seperti yang dikutip dari Reuters.

Tidak seperti pendahulunya, Titanic II akan memuat lebih banyak kapal penyelamat dan tangga darurat. Markku Kanerva, direktur penjualan Deltamarin, perusahaan Finlandia yang membuat desain kapal itu, mengatakan Titanic II akan menjadi "kapal paling aman di dunia".

Titanic II akan dibuat perusahaan milik negara China, CSC Jinling-Shipyard. Tetapi, kontrak pembuatan kapal itu belum ditandatangani.

"Oh, mungkin kira-kira pekan depan," kata Palmer.

Ia berharap kapal akan dibuat tahun ini dan dapat berlayar melintasi Atlantik pada 2016.

Titanic II akan beroperasi sebagai kapal pesiar, Penumpang akan mendapati pakaian bergaya tahun 1912 di kamar mereka dan dapat menggunakanannya bila ingin seolah-olah kembali ke masa lalu.

Helen Benziger, keturunan dari Margaret Brown, penumpang selamat Titanic , mengatakan kapal itu akan memebri pengalaman yang kini tidak ada di dunia modern.

"Saya rasa ini kesempatan untuk merasakan kembali ke masa lalu," kata Benziger.

Palmer berencana untuk ikut di kelas ketiga pada pelayaran pertama nanti.

"Saya menunggunya. Kau memainkan drum dan biola dan berputar-putar sperti Leonardo," katanya, merujuk pada aktor Leonardo DiCaprio yang menjadi peran utama pada film "Titanic" tahun 1997 karya James Cameron.
(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013