Rabu, 18 Oktober 2017

Pianis Van Cliburn wafat

| 3.306 Views
Pianis Van Cliburn wafat
Mendiang Van Cliburn (kiri) berjabat tangan dengan Ronald Reagan saat tampil di Gedung Putih. (cliburn.org)
Jakarta (ANTARA News) - Pianis Amerika, Van Cliburn, yang telah membuat penonton Rusia terpesona saat tampil dalam kompetisi Tchaikovsky di Moskow 1958, wafat dalam usia 78 tahun pada Rabu waktu Texas.

Cliburn meninggal di rumahnya di Fort Worth, Texas, setelah menderita kanker tulang, kata juru bicaranya Mary Lou Falcone seperti dilaporkan Reuters.

Cliburn mengumumkan pada Agustus 2012 bahwa ia telah didiagnosis terserang penyakit itu.

Pria Texas itu belajar memainkan piano sejak usia tiga tahun dan terakhir berlatih di Juilliard School New York, sebelum kemudian meledak ke panggung dunia pada puncak Perang Dingin.

Ia memenangkan kompetisi internasional Tchaikovsky di Moskow pada 1958, dan juri Rusia meminta izin pemimpin Soviet kala itu Nikita Khrushchev untuk memberikan penghargaan tertinggi kepada pria Amerika Van Cliburn yang waktu itu berusia 23 tahun.

Kemenangan Cliburn telah mencairkan hubungan AS-Soviet dan namanya pun dikenal di Amerika Serikat bahkan oleh orang-orang tak menggemari musik klasik.

Majalah Time menjulukinya "Orang Texas yang menaklukkan Rusia" menyusul kemenangannya, dan New York Time memberinya sambutan pahlawan sekembalinya dari Rusia.

Rekamannya berjudul Tchaikovsky Piano Concerto No 1, aksi piano yang telah dimainkannya di Moskow, menjadi album klasik pertama yang meraih platinum dan album klasik terlaris selama lebih satu dekade.

"Dia adalah seorang legenda internasional," kata Falcone. "Secara pribadi, ia adalah raksasa dan di mata publik ia seorang raksasa."

Sejak 1978 Cliburn sudah jarang pentas di panggung. Ia tampil kadang-kadang di awal 1980 hingga awal 1990-an, termasuk ketika tampil di Gedung Putih untuk Presiden Ronald Reagan dan kunjungan Perdana Menteri Soviet Mikhail Gorbachev.

(*)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga