Jakarta (ANTARA News) - Suara menjadi modal utama dalam profesi sulih suara (dubbing). Seperti penyanyi, penyiar, atau presenter, ada latihan-latihan wajib bila ingin sempurna dalam berakting lewat suara.

Menurut penyulih suara (seiyuu) animasi Jepang Nami Okamoto, menjaga kesehatan suara sangat penting, salah satunya adalah dengan.memakai pernafasan perut.

"Pernafasan perut itu penting apalagi kalau karakternya harus banyak berteriak-teriak," ujar Okamoto pada Workshop Seiyuu di Japan Foundation Jakarta, Jumat.

Dengan pernafasan perut, penyulih suara akan terhindar dari sakit tenggorokan dan pita suaranya tetap terjaga.

Okamoto pun memperagakan cara memakai pernafasan perut pada belasan peserta workshop. Dalam posisi berdiri, tumit kaki bertemu dan kaki membentuk huruf "V". Rentangkan tangan sejajar bahu dengan telapak tangan terbuka.

"Kencangkan otot bokong. Kepala tegak. Ambil nafas dari hidung, buang nafas lewat mulut sambil bilang 'HA! HA! HA! HA!' secara lantang," kata Okamoto. Seisi ruangan seketika terdengar ramai.

Bila perut terasa tertarik saat mengucapkan "HA", itu berarti caranya benar, tukas pengisi suara Ayumi dalam animasi "Inuyasha" itu.

Okamoto pun memberi contoh kedua, posisi kaki sama, namun tangan diturunkan sehingga terentang di samping pinggang membentuk "A" dengan punggung tangan menghadap ke atas.

"Sekarang, ayo melolong seperti serigala. 'Waoooo!'," lanjutnya.

Bila sudah terbiasa, maka pernafasan perut tidaklah sulit dilakukan.

"Kalau seiyuu senior sudah tidak memikirkan pernafasan perut lagi," tukasnya.

(nan)


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013