Medan (ANTARA News) - Pelaksana Harian Gubernur Sumatera Utara H Nurdin Lubis menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi Syekh Musthafa Ibrahim Al-Mubarak di ruangan kerjanya, Jumat.

Dubes mengungkapkan niat Arab Saudi untuk membangun tiga universitas di Indonesia dan salah satunya berlokasi di Sumatera Utara (Sumut).

Kepada Dubes Arab Saudi, Nurdin Lubis menjelaskan potensi Sumut yang memiliki sumberdaya alam melimpah, tanahnya subur, masyarakatnya banyak dan hidup berdampingan dengan harmonis.

Nurdin berharap dengan kunjungan Dubes Arab Saudi ke ruangan kerjanya dapat menjalin kerjasama dan memberikan kontribusi kepada Pemerintah Indonesia khususnya Provinsi Sumut.

Bahkan, dia mengatakan, banyak warga Sumut yang menempuh pendidikan di Arab Saudi. Kemudian Nurdin berharap semoga bisa terjalin kerjasama terutama dalam bidang pendidikan dan tidak menutup bidang yang 
lain antara Pemprov Sumut dengan Arab Saudi.

Nurdin juga melaporkan bahwa di Sumut sedang dibangun kawasan industri Sei Mangkei pusat produksi Sawit yang didirikan diatas lahan 3.000 hektare.

Dia mengatakan, Pemprov Sumut juga membuka peluang besar bagi Kerajaan Arab Saudi bila ingin berinvestasi di bidang hasil hilir sawit nantinya.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi, Syekh Musthafa mengatakan, tidak menyangka pembangunan di Sumatera Utara demikian pesatnya, dan jauh lebih indah dari apa yang dibayangkannya selama ini.

Syekh Musthafa yang didampingi Syeikh Ibrahim Sulaiman An-Nughaimsy Direktur Atase Agama Saudi Arabia menyebutkan keinginannya mengadakan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia dengan membangun tiga Universitas dan salah satunya di Sumatera Utara.

Dia mengatakan, bila sudah ada izin dari Pemerintah Indonesia dan Provinsi Sumut, maka akan segera mereka tentukan tempat akan dibangunnya Universitas Qasim.

Saat berada di Sumatera Utara, Syekh Musthafa juga menyempatkan mengunjungi beberapa Universitas dan Pesantren diantaranya Universitas Sumatera Utara (USU), Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumut, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan 3 pesantren.

Kunjungan tersebut bertujuan ingin bersilaturahim dengan masyarakat Sumatera Utara khususnya Civitas Akademika guna mencari informasi lebih jauh tentang dunia pendidikan di Sumut.

Syekh Musthafa berharap kunjungan pertamanya kali ini akan disusul dengan kunjungan berikutnya dan semoga kerja sama dapat terjalin erat kedepan.

Acara pertemuan tersebut diisi dengan saling memberi cinderamata, Plh Gubernur Sumut H Nurdin Lubis mengulosi Dubes Arab Saudi Syekh Musthafa sebagai tanda terimakasihnya.Suasana terlihat semakin akrab ketika Syekh musthafa berjanji akan mempelajari Bahasa Indonesia agar komunikasi semakin mudah dan lancar. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013