... Galakkan terus kampanye 'Dua Anak Cukup'... "
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, mengatakan, Program Keluarga Berencana perlu direvitalisasi dengan semakin menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat.

"Galakkan terus kampanye 'Dua Anak Cukup'," kata Laksono di Jakarta, Senin. Pertambahan jumlah penduduk Indonesia sejak reformasi cukup besar, diperkirakan penduduk Indonesia kini di atas 220 juta jiwa.

Pada masa pemerintahan Soeharto, kampanye dan berbagai aktivitas pendukung Program KB sangat gencar; dia sendiri sering turun tangan langsung memastikan semua hal terkait itu berjalan semestinya. Pada akhir Orde Baru, penduduk Indonesia sekitar 70 juta jiwa saja dan baru mendekati dua kali lipat setelah 30 tahun kemudian. 

Kini, daya dukung Indonesia untuk menghidupi penduduknya sudah tidak seimbang lagi. Laksono mengungkap, jumlah keluarga di Indonesia yang memiliki anak lebih dari dua masih sangat banyak.

"Karena itu perlu dilakukan langkah-langkah mengatasi ini, mengingat revitalisasi Program KB merupakan instruksi kepala negara," katanya.

Sementara itu, Plt Kepala BKKBN, Sudibyo Alimoeso, mengatakan, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi Program KB kepada masyarakat bahkan hingga ke wilayah tertinggal, terpencil dan perbatasan.

"Selama ini banyak masyarakat yang ingin ber-KB tapi belum terlayani karena merasa kesulitan akses, karena itu pelayanan akan terus kita tingkatkan," katanya. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013