Jakarta (ANTARA News) - Aktor Dennis Adhiswara enggan membeli perangkat lunak bajakan. Menurut dia perangkat lunak orisinal lebih unggul daripada bajakan.

"Komputer nggak nge-hang, terus nggak repot cari crack untuk serial key, kan pusing juga carinya," kata dia di Jakarta, Selasa.

CEO Independent Online Video Aggregator Layaria itu mengatakan bahwa menggunakan perangkat lunak asli juga membuat kerja semakin produktif.

"Nggak ada alasan nggak bisa kerja karena komputernya error, jadi lancar deh."

Meskipun begitu, Dennis mengaku bahwa perangkat lunak yang asli kadang terlalu mahal. Oleh karena itu, Dennis dengan jeli selalu mencari diskon perangkat lunak.

"Rela deh kalau antre. Urusan software sih gue emak-emak banget, cari diskon," selorohnya.

Selain perangkat lunak, Dennis juga menghindari game bajakan. Untuk masalah game, dia pun pintar-pintar mencari barang diskon.

"Gue pernah dapat 20 game keren-keren cuma 25 dolar, habis itu pamer dong sama teman," ujarnya.

Aksi menghindari perangkat lunak bajakan baru dilakoni Dennis selama lima tahun terakhir. Pemicunya adalah video pembuatan game yang sedang digandrunginya.

"Habis nonton itu gue sadar kalau para programmer itu sama seperti kita, orang yang menghidupi keluarganya juga. Nggak seperti pemikiran umum kalau sebodo amat beli bajakan, toh pembuatnya juga udah kaya. Gue nggak mau mengambil rezeki mereka," tukas dia.

(nan)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013