Banda Aceh (ANTARA News) - Kapolda Aceh Irjen Pol Herman Effendi mengatakan kepolisian di Aceh saat ini kekurangan 10 ribu orang personel.

"Jumlah personel yang dimiliki masih kurang. Polda Aceh masih kekurangan sekitar 10 ribu personel," kata Kapolda Aceh Irjen Pol Herman Effendi, di Banda Aceh, Selasa.

Berdasarkan daftar susunan personel dan pelengkapan (DSPP), kata dia, anggota Kepolisian Daerah Aceh mencapai 24 ribu lebih. Sedangkan yang ada sekarang ini hanya sekitar 13 ribuan personel.

Kapolda menjelaskan kekurangan personel tersebut hampir di semua satuan, termasuk kepolisian resor dan sektor yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

"Untuk memenuhi personel sesuai DSPP, dibutuhkan waktu sekitar enam hingga delapan tahun. Dengan catatan, rata-rata rekrutmen dalam setahun sekitar 800 anggota Polri baru," kata Kapolda Aceh.

Saat ini, kata dia, kepolisian sedang melakukan proses rekrutmen calon brigadir Polri. Jumlah keseluruhan yang direkrut di seluruh Indonesia mencapai 17 ribu orang.

(ANT)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013