Berdasarkan voters Solo, sayalah yang berhak. Saat ini verifikasi khusus Jatim sudah selesai. Jadi saya yang berhak menentukan wakil di kongres nanti,"
Jakarta (ANTARA News) - La Nyalla Mattalitti mengklaim dirinya berhak mewakili pengurus provinsi (pengprov) PSSI Jawa Timur (Jatim) sebagai pemilik suara pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Borobudur Jakarta, 17 Maret.

"Berdasarkan voters Solo, sayalah yang berhak. Saat ini verifikasi khusus Jatim sudah selesai. Jadi saya yang berhak menentukan wakil di kongres nanti," kata La Nyalla Mattalitti di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, selain Jatim, pengprov PSSI yang dipastikan lolos verifikasi adalah Jawa Barat. Dengan demikian Tony Aprilani akan mendapatkan kesempatan yang sama dengan dirinya.

Pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Husin ini pada KLB PSSI Solo, 9 Juli 2011 lalu merupakan salah satu voters dengan posisi sebagai Ketua Pengprov PSSI Jatim.

Hanya saja hubungan harmonis antara La Nyalla Mattalitti dengan PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Husin ini tidak berlangsung lama. Dampaknya terjadi perselisihan yang berakhir dengan pelengseran dari kursi jabatan sebagai Ketua Pengprov PSSI Jatim.

Adanya kekosongan jabatan posisi Ketua Pengprov PSSI Jatim, PSSI langsung menunjuk pelaksana tugas (caretaker) yaitu Peni Suparto yang selanjutnya digantikan Cholid Ghoromah hingga pelaksanaan Musprovlub)

Dalam Musprovlub akhirnya didapatkan Ketua Pengrov PSSI Jatim yaitu Lilik Suhartoyo setelah mendapatkan dukungan sebanyak 51 dari 71 undangan resmi yang hadir.

Dengan adanya pernyataan dari La Nyalla Mattalitti atas statusnya, bisa dipastikan Ketua Pengprov PSSI Jatim yang terpilih pada Musprovlub 27 Januari di Surabaya dipastikan tidak bisa menyalurkan haknya pada KLB 17 Maret nanti.

"Hari ini sudah diselesaikan verifikasi lima dari 18 pengprov yang belum terselesaikan. Hingga saat ini proses verifikasi terus dilakukan," kata Ketua PSSI versi KLB Ancol itu.

Anggota Komite Eksekutif PSSI yang baru saja terbebas dari sanksi ini juga menjelaskan pada proses verifikasi hari kedua ini telah dituntaskan pula status tiga klub yaitu Persinga, Persewangi dan PSMS sebagai voters dalam KLB nanti. Sebelumnya tim verifikasi telah mensahkan 79 dari 100 voters.

KLB PSSI di Jakarta, 17 Maret nanti akan membahas empat agenda yang tertuang dalam Nota Kesepahaman Kuala Lumpur, 7 Juni 2012 yaitu revisi statuta, penggabungan liga, pengangkatan empat anggota Komite Eksekutif serta kongres dengan voters Solo.

Hanya saja ada kemungkinan agenda KLB akan ditambah dengan agenda baru yaitu penetapan waktu dan pelaksanaan Kongres Biasa PSSI.

(B016/R010)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013