Teheran (ANTARA News) - Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, akan mengunjungi Venezuela untuk menghadiri upacara pemakaman mendiang Presiden Venezuela, Hugo Chavez, pada Jumat.

Menurut laporan Kantor Berita Fars, Presiden Ahmadinejad dan delegasi dari Iran akan meninggalkan Teheran menuju Caracas pada Kamis untuk kunjungan selama dua hari ke Venezuela.

Pemerintah Iran juga menetapkan hari Rabu sebagai hari berkabung nasional atas wafatnya Chavez dan berencana menggelar upacara peringatan untuk menghormati Chavez, yang wafat di rumah sakit di Caracas pada Selasa (5/3) waktu setempat atau Rabu (6/3) waktu Indonesia.

Presiden Ahmadinejad menyampaikan ucapan duka cita dari rakyat dan pemerintah Iran atas wafatnya Chavez dalam pesan kepada pejabat Venezuela.

"Selama keadilan, kasih dan kebebasan hidup, Hugo Chavez akan tetap hidup. Selama keyakinan, kesucian dan kemanusiaan hidup, dia akan tetap hidup. Selama bangsa-bangsa hidup dan berjuang mewujudkan kemerdekaan, kebaikan dan keadilan, dia akan tetap hidup," demikian pesan Ahmadinejad.

(ANT)

Penerjemah: Maryati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013