Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis nasional Tommy Sugiarto menjadi satu-satunya tunggal putra Indonesia yang berhasil mengamankan tiket ke babak perempatfinal turnamen All England Super Series Premier, Kamis sore waktu setempat (Jumat dini hari WIB).

Tommy melalui putaran kedua dengan mulus setelah menumbangkan pemain asal Taipei Chou Tien Chen langsung dua game dengan skor 21-12, 21-8 tanpa kesulitan.

Pada pertemuan pertama bagi kedua pemain itu, Tommy yang pada turnamen Jerman Terbuka Grand Prix Gold 2013 pekan lalu meraih posisi runner-up, bermain tanpa ampun sehingga membuat lawannya yang memegang ranking 26 dunia itu kewalahan.

Kemenangan Tommy menjadi angin segar sebagai satu-satunya tunggal putra yang masih tersisa. Sebelumnya, wakil tunggal putra lainnya, Sony Dwi Kuncoro menyatakan mundur dari pertarungannya saat melawan pemain asal Denmark, Jan O Jorgensen, ketika skor tercatat 7-11 pada game pertama akibat cedera pada punggung yang menjalar hingga pinggang dan paha kirinya.

Padahal Sony yang merupakan pemain peringkat empat dunia itu menjadi andalan Indonesia pada kejuaraan bulu tangkis tertua di dunia ini.

Pada babak perempatfinal nanti, Tommy ditantang pemain asal Thailand Tanongsak Saensomboonsuk yang secara mengejutkan berhasil membungkam pemain peringkat 12 dunia, Sho Sasaki, dari Jepang dengan skor 21-9, 21-11.

Sementara itu pada nomor tunggal putri, Belaetrix Manuputi tak kuasa menghalau perlawanan dari unggulan kedua Saina Nehwal asal India, yang membungkamnya langsung dua game 16-21, 11-21.

Harapan tunggal putri Indonesia tinggal pada Linda Weni Fanetri yang akan berhadapan dengan pemain Thailand Porntip Buranaprasertsuk dimana hingga berita ini ditulis, keduanya masih belum bertanding. Ini akan menjadi pertemuan ketiga mereka dan Porntip memegang dua rekor kemenangan atas Linda. (M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013