Rabu, 30 Juli 2014

Music Bank Jakarta, pesona K-Pop luar biasa

Minggu, 10 Maret 2013 09:46 WIB | 13.651 Views
Music Bank Jakarta, pesona K-Pop luar biasa
Music Bank in Jakarta (facebook Asia Top Entertainment)
Jakarta (ANTARA News) - Delapan artis Korea Selatan hadir di Jakarta untuk menghibur pecinta K-Pop dalam gelaran Music Bank in Jakarta 2013, Sabtu malam.

Mereka adalah Super Junior, SHINee, 2PM, Beast, Infinite, Sistar, Teen Top, dan Eru. Ada yang tampil perdana di Indonesia, ada juga yang sudah berkali-kali datang.

Baru ataupun lama, ternyata sambutannya tetap meriah. Jeritan riuh rendah kerap terdengar dari puluhan ribu penonton Music Bank selama pertunjukan yang berlangsung sekitar tiga jam.

2PM, boyband besutan JYP Entertainment sudah empat kali datang ke Indonesia. Salah satu personilnya, Taecyeon, mengungkapkan bahwa antusiasme para penggemar 2PM -hottest- di Indonesia adalah alasan yang cukup untuk membuat grup berisi  Nichkhun, Taecyeon, Wooyoung, Junho, dan Chansung datang berkali-kali.

"Mereka sangat bersemangat, mereka adalah alasan kami untuk tampil again and again," kata pria kelahiran 27 Desember 1988 dalam bahasa Inggris yang fasih.

Sama halnya dengan 2PM, Super Junior pun sudah empat kali bertandang ke tanah air, yaitu konser KIMCHI tahun 2011, Super Show 4, SMTown Jakarta September lalu, dan kali ini untuk Music Bank in Jakarta 2013.

Tidak heran, dibanding penampil lain, para personil 2PM dan SuJu relatif lebih luwes menyapa penonton dalam bahasa Indonesia.

"Terima kasih atas kedatangannya!" teriak Junho 2PM di panggung. Sebelumnya, dia mengucapkan hal yang sama pada para wartawan yang hadir di konferensi pers, mengundang tepuk tangan atas logatnya yang terdengar fasih.

Sementara itu, personil Super Junior yang semalam datang dengan sembilan personilnya juga memamerkan kemampuan berbahasa Indonesianya.

"Kamu cantik sekali, aku cinta padamu," kata Kyuhyun, anggota termuda SuJu, meskipun sambil mencontek catatan di tangannya.

Meski hanya berselang beberapa bulan, tidak banyak perubahan berarti dalam penampilan mereka. Lagu-lagu yang dibawakan, "Bonamana" versi rock, "Oppa Oppa", dan "Sexy, Free, & Single" pun dilantunkan di SMTown Jakarta dalam kemasan yang mirip. Yang beda adalah, kali ini Leeteuk dan Heechul berhalangan hadir karena sedang menjalani masa wajib militer di Korea Selatan.

Namun, para penonton tidak merasa bosan meski sebagian dari mereka pun sudah berkali-kali menonton aksi sang idola secara langsung.

Widy Astuti (23) mengaku selalu menonton Super Junior bila mereka manggung di Indonesia. Gadis yang menyukai SuJu sejak 2007 itu semakin termotivasi karena idolanya akan segera mengikuti wajib militer yang artinya vakum dari dunia hiburan selama dua tahun. 

"Sebelum Yesung wajib militer, gue nonton terus," kata dia.

Meskipun sudah berkali-kali menyaksikan aksi pelantun "Sorry, Sorry", Widy tidak merasa bosan.

"Kayaknya gue udah kecanduan. Pokoknya tiap nonton enjoy aja," akunya.

Meskipun Widy tidak pernah absen menonton penampilan SuJu di Indonesia, kali ini dia mengaku "baru datang di sore hari", berbeda dengan sebagian penggemar fanatik lain yang sudah berkumpul di GBK sejak pagi padahal acara baru dijadwalkan mulai pada 20.00 WIB.

Salah satunya, Dian, warga Bekasi yang sudah tiba di Stadion GBK sejak pukul 07.00 pagi. Meski sudah pernah menonton SuJu dua kali, penggemar Donghae itu masih setia, bahkan rela membuat 30 banner bertuliskan "We Love Super Junior" untuk dibagikan kepada ELF, sebutan penggemar fanatik SuJu.

Demi SuJu, dia menitipkan anaknya yang masih usia 4.5 tahun kepada ibunya agar leluasa untuk menonton acara yang berlangsung hingga pukul 23.30 WIB itu.

"Namanya idola, dimana saja pasti dikejar," kata Dian, yang bekerja sebagai pekerja di salah satu rumah sakit swasta itu dengan tersipu malu.

SuJu yang ditaruh sebagai penampil terakhir di Music Bank membuktikan bahwa mereka masih digila-gilai para penonton. Teriakan dan jeritan terdengar semakin ramai dan light stick biru safir mendominasi GBK, warna yang diasosiasikan dengan SuJu.

Para artis lain pun mendapat sambutan yang tidak kalah ramai. Sistar contohnya, girlband yang baru pertama kali datang ke Indonesia membuat para penonton pria sontak berdiri dari tempat duduknya saat mereka muncul di panggung.

Aksi Soyu, Dasom, Hyorin, dan Bora "Alone", "Loving You", dan "Gone Not Around Any Longer" memang dibalut dengan busana seksi, setelah hitam hot pants dan span mini dengan belahan paha, dipadu koreografi yang memamerkan gerakan kaki-kaki jenjang. Tidak hanya kaum adam yang menikmati penampilan mereka, para penonton perempuan pun ikut menjerit-jerit.

Boyband Teen Top dan Infinite yang baru debut tiga tahun lalu tetap disambut dengan ribuan penonton yang hafal dengan lagu-lagu mereka meski ini adalah penampilan perdana mereka di Indonesia.

SHINee juga mendapat teriakan ekstra dari penonton yang rindu dengan Minho, personil yang absen di perhelatan SMTown Jakarta lalu. 

Korea berhias Indonesia

Disebut sebagai konser yang diadakan untuk merayakan 40 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan, unsur-unsur Indonesia pun dimasukkan lebih banyak di acara Music Bank.

Penyanyi Afgansyah Reza dan boyband S4 didaulat untuk menjadi penampil dari Indonesia. Afgan mengaku bangga menjadi perwakilan tanah air, bahkan dia sempat meminta tolong kepada salah satu penari latarnya, untuk mengabadikan dia pada saat berada di atas panggung Music Bank.

"Ngga apa-apa yah, saya minta foto hehehe," kata pelantun "Sadis" itu.

Selain menghadirkan Nadia Mulya sebagai presenter yang ditemani Kyuhyun SuJu serta Taecyeon 2PM, lagu berbahasa Indonesia pun dilantunkan oleh penyanyi Korea Selatan.

"Kemesraan" dilantunkan Eru dan Hyorin Sistar dalam bahasa Indonesia, membuat seisi Gelora Bung Karno ramai-ramai menyanyikan lagu yang dipopulerkan Iwan Fals.

"Kemesraan ini janganlah cepat berlalu..." seakan berharap K-Pop masih akan terus dirasa mesra di Indonesia.
(nan)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga