Rabu, 3 September 2014

"4 pilar" adalah ide asli Taufiq Kiemas

Minggu, 10 Maret 2013 19:17 WIB | 3.778 Views
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) bersama Wakil Presiden Boediono (kanan) memberikan selamat kepada Ketua MPR RI Taufiq Kiemas (kiri) atas penganugerahan Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dari Universitas Trisakti di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (10/3). (FOTO ANTARA/Dhoni Setiawan)
Jakarta (ANTARA News) - Ide "4 pilar kehidupan berbangsa" dan bernegara merupakan pemikiran asli dari Ketua MPR RI Taufiq Kiemas.

"Ide 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang kemudian secara masif disosialisasikan oleh MPR adalah ide  genuine (asli)  dari Pak Taufik," kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MPR RI Lukman Edy.

Dia menilai, pemberian gelar Doktor Honoris Causa  pada hari Minggu (10/3) kepada suami Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu sudah tepat dan sangat pantas.

Istilah 4 pilar, lanjut Lukman, adalah bahasa komunikasi politik yang paling hebat saat ini di saat  bangsa sakit dan gersang dari nilai-nilai ideal kebangsaan.

"Ini bukan hanya soal kecerdasan Pak Taufik, tapi ini soal hati nuraninya yang tersentuh melihat kondisi bangsa ditambah dengan tanggung jawabnya untuk terlibat memberikan kontribusi memperbaikinya. Hanya orang yang mempunyai idealisme kebangsaan yang tebal yang bisa menelurkan ide-ide seperti 4 pilar ini," ujar Lukman.

Pemerintah, ujarnya, harus memperhatikan rekomendasi dan saran yang disampaikan di dalam pidato ilmiah Taufik.

"Saran-saran tersebut sangat strategis, seperti menyarankan pemerintah untuk membuat lembaga negara yang melakukan sosialisasi lebih masif lagi, memasukkan 4 pilar dalam kurikulum pendidikan dan presiden mendatang harus paham dan meneruskan semangat 4 pilar," kata mantan Menteri Percepatan Daerah Tertinggal itu.

(Zul)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga