Senin, 24 November 2014

Paus keluar Vatikan untuk berdoa di Roma

| 2.795 Views
id paus fransiskus I, Jorge Bergoglio, paus baru, doa paus, pemimpin tahta suci
Paus keluar Vatikan untuk berdoa di Roma
Paus Fransiskus I terpilih, Kardinal Jorge Mario Bergoglio dari Argentina (ANTARA/REUTERS/Osservatore Romano)
Vatikan (ANTARA News) - Paus Fransiskus I, hampir 12 jam setelah terpilih,  tanpa banyak sorotan  meninggalkan Vatikan, Kamis dinihari, untuk berdoa di suatu basilika Roma.

Fransiskus berangkat ke Basilika Santa Maria Maggiore, gereja tertua di dunia yang dibuat untuk menghormati Bunda Maria.

Dia berdoa di hadapan patung Bunda Maria, yang terkenal dengan sebutan Salus Populi Romani atau wanita pelindung rakyat Romawi.

"Ia berbicara kepada kami dengan hormat seperti ayah," kata Pastor Ludovico Melo, pendeta yang berdoa dengan Paus, "Kami diberi tahu 10 menit sebelumnya bahwa Paus datang."

Paus baru tersebut adalah yang pertama kali berasal dari Amerika Selatan asal Selatan Amerika dan orang non-Eropa pertama dalam 1.300 tahun terakhir. Fransiskus I juga menjadi uskup Roma.

Dalam sambutan pertamanya pada Rabu malam, ia menegaskan akan melakukan tugasnya dengan sungguh-sungguh.

Pada hari Kamis, ia akan pergi ke retret musim panas kepausan di kastil Gandolfo, selatan Roma, untuk menemui Paus Emeritus Benediktus XVI, Paus pertama yang mundur dalam 600 tahun.

Keterpilihan Kardinal Argentina Jorge Bergoglio itu memecahkan berabad-abad cengkeraman Eropa pada kepausan. Ia juga yang pertama mengambil nama Fransiskus, untuk menghormati santo abad ke-12 dari Assisi, yang menolak kekayaan dan memilih hidup sederhana.

Reuters melaporkan bahwa saat akan tampil ke balkon Basilika Santo Petrus, Paus tampak kaget , ragu-ragu sejenak sebelum melangkah keluar untuk menyambut kerumunan besar di alun-alun.

(B002)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga