Senin, 28 Juli 2014

Li Keqiang Perdana Menteri China

Jumat, 15 Maret 2013 10:38 WIB | 2.183 Views
Li Keqiang Perdana Menteri China
Perdana Menteri China yang baru terpilih Li Keqiang (kiri) berjabat tangan dengan Wen Jiabao sementara Presiden China Xi Jinping dan anggota delegasi yang lain bertepuk tangan saat sidang paripurna ke-lima di sesi pertama Kongres Rakyat Nasional (NPC) ke-12 di Beijing, China, Jumat (15/3). (REUTERS/China Daily)
Beijing (ANTARA News) - Kongres ke-12 Rakyat Nasional China menetapkan Li Keqiang sebagai Perdana Menteri China menggantikan Wen Jiabao untuk masa lima tahun mendatang melalui pemungutan suara yang dilakukan Jumat.

Sesaat setelah namanya disebut, Li Keqiang kemudian berdiri memberi hormat kepada peserta sidang, dan menyalami Presiden China Xi Jinping serta pejabat perdana menteri yang digantikannya Wen Jiabao.

Li Keqiang sebelumnya menjabat sebagai wakil perdana menteri China. Lahir di Dingyuan, Provinsi Anhui, ia mengawali karir politiknya pada 1974 dan bergabung di Partai Komunis China pada Mei 1976.

Pria kelahiran Juli 1955 itu menjalani karir politiknya lebih banyak di bidang pendidikan, dan kepemudaan hingga 1998.

Li Keqiang yang berlatar pendidikan ekonomi mulai berkarir sebagai sekretaris partai pada 1998 di Partai Komunis China Provinsi Henan dan pada 2002-2003 ia dipercaya sebagai sekretaris pada partai di provinsi yang sama.

Karir politiknya terus melejit sejak 2008 mulai dari anggota Polit Biro, komisi Sentral Partai Komunis China, hingga wakil perdana menteri.

Pada kongres yang digelar di Balai Agung Rakyat itu, ditetapkan pula Fan Changlong dan Xu Qiliang sebagai Wakil Ketua Komisi Pusat Militer China.

Sedangkan Chang Wanquan, Fang Fenghui, Zhang Yang, Zhao Keshi, Zhang Youxia, Wu Shengli, Ma Xiaotian dan Wei Fenghe ditetapkan sebagai anggota Komisi Pusat Militer China.

Sementara itu, Zhou Qiang ditetapkan sebagai Presiden Pengadilan Tinggi Rakyat China, dan Cao Jianming ditetapkan sebagai Ketua Majelis Tinggi Rakyat.

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga