Sudah bukan zamannya lagi, mencari uang dari mahasiswa. Justru jika mahasiswa itu cepat lulus, maka dia memberikan kesempatan kepada adik-adiknya untuk kuliah,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan akan memberikan insentif kepada perguruan tinggi negeri yang kreatif dalam mencari dana dari industri.

"Kami akan melakukan identifikasi PTN apa yang bisa diberikan insentif, salah satunya bagi PTN yang berhasil mendapatkan sumber pendanaan dari industri," ujar Mendikbud usai membuka peluncuran SBMPTN di Jakarta, Jumat malam.

Dia menjelaskan terdapat tiga blok sumber pendanaan yakni mahasiswa, pemerintah dan kerja sama dengan pihak luar.

"Jika PTN bisa menaikkan pendapatannya, maka pemerintah akan menaikkan. Namun jika ternyata berasal dari mahasiswa maka pemerintah harus disinsentif," jelas Nuh.

Menurut dia, yang terutama adalah melakukan latihan untuk efisiensi. Salah satunya dengan "membereskan" mahasiswa yang kuliah lebih dari delapan semester.

"Sudah bukan zamannya lagi, mencari uang dari mahasiswa. Justru jika mahasiswa itu cepat lulus, maka dia memberikan kesempatan kepada adik-adiknya untuk kuliah,"kata Nuh.

Jika PTN bisa menyelesaikan hal itu, Nuh berjanji akan memberikan insentif finansial.

(I025/M008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013