Jasa Gesang semua sudah tahu, tidak perlu disebut satu per satu karena terlalu banyak
Solo (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mendukung keinginan masyarakat Solo untuk mengusulkan kepada pemerintah agar maestro keroncong, Gesang Martohartono, ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

Pada acara hari bebas kendaraan di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu, Jokowi menyatakan dukungannya dengan membubuhkan tanda tangan pada spanduk yang dipasang di depan Sriwedari.

"Semua masyarakat sudah tahu siapa Gesang itu, jasanya terlalu banyak di dunia kesenian," kata Jokowi, yang sedang mudik ke Solo.

"Jasa Gesang semua sudah tahu, tidak perlu disebut satu per satu karena terlalu banyak," tambahnya.

Politisi Ganjar Pranowo juga menyatakan mendukung pengusulan pencipta lagu "Bengawan Solo" itu menjadi pahlawan nasional.

Ganjar, yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menjadi calon gubernur Jawa Tengah, ikut menandatangani spanduk bukti dukungan tersebut.

"Saya apresiasi keinginan masyarakat yang menghormati dan menghargai salah satu tokoh legendaris musik keroncong itu. Saya sangat mendukung Gesang diusulkan menjadi pahlawan nasional," katanya.

"Saya kini sebagai anggota DPR RI akan mendukung penuh usulan itu, untuk dikonsep dengan baik, dan serahkan ke pemerintah," katanya.

Warga Solo akan mengusulkan Gesang menjadi pahlawan nasional. "Warga Solo mengharap dukungan semua masyarakat Indonesia, semoga Mbah Gesang segera ditetapkan sebagai pahlawan nasional mengingat jasa dan prestasi beliau," kata Mayor Haristanto, koordinator warga Solo untuk kegiatan itu.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013